PSBB Dilonggarkan, Peningkatan Trafik Tol Belum Signifikan

05/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PSBB Dilonggarkan, Peningkatan Trafik Tol Belum Signifikan
PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) menyebut pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum berdampak pada peningkatan trafik tol secara signifikan.

Jakarta memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 4 mulai hari ini, (5/6/2020) hingga akhir bulan. Beberapa pelonggaran dilakukan mengingat PSBB kali ini disebut sebagai masa transisi menuju new normal. Beberapa waktu sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebenarnya telah memulai kelonggaran bagi warga yang ingin beraktivitas keluar masuk kota yaitu membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Belum berpengaruh besar pada trafik tol

PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mengakui ada kenaikan trafik tol atau jumlah kendaraan yang melintas di Tol Solo-Ngawi. Namun, volumenya tidak signifikan dan itupun masih didominasi pengendara-pengendara lokal. Sementara pengendara jarak jauh seperti kendaraan berplat nomor ibu kota masih satu dua.

>>> Menjamah Bursa Mobil Sriwedari: Surganya Mobil Bekas di Solo

Foto menunjukkan Jalan Tol Solo-Ngawi

Gerbang Tol Karanganyar, salah satu pintu masuk untuk mengakses Jalan Tol Trans Jawa

Overall trafik tol Solo-Ngawi masih anjlok jauh dibanding masa sebelum pandemi COVID-19. "Per hari jika tak ada Corona, bisa mencatat pengguna jalan tol sampai 16 ribu kendaraan. Itu sampai jarak terjauh. Sedangkan sekarang paling hanya 35 persen," tutur Direktur Keuangan PT JSN Yudhi Mahyudin di rumah dinas bupati Karanganyar, Kamis (4/6/2020).

"Dari semula 5 ribu kendaraan per hari jadi mendekati 6 ribu," sambungnya menjelaskan kenaikan yang terjadi saat ini.

Pendapatan turun drastis

Dalam catatan JSN, pembatasan aktivitas yang diberlakukan dimana-mana selama masa pandemi COVID-19 mengakibatkan pendapatan harian dari pemakaian jalan tol turun drastis. Bila biasanya dalam kondisi normal pendapatan yang masuk mencapai Rp1,5 miliar per hari, di masa pandemi hanya sekitar Rp600 juta.

Meski demikian JSN menanggapinya dengan tenang dikarenakan ada relaksasi kredit yang diberikan kreditur kepada PT JSN hingga akhir 2020. Pandemi sendiri diperkirakan selesai akhir Agustus 2020.
 
"Pendapatan jauh menurun. Penundaan kewajiban pembayaran angsuran utang hingga akhir 2020. Pada tahun depan akan dilihat bagaimana perkembangannya," kata Yudhi.

>>> Setengah Juta Kendaraan Menuju Jakarta Lewat Tol Usai Libur Lebaran

Peresmian Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi yang berlokasi di depan Rest Area KM 538, Rabu 28 November 2018

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, Rabu 28 November 2018

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top