Project Gelandewagen: Saat Mercedes-Benz G-Class Jadi Mobil Balap

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Project Gelandewagen: Saat Mercedes-Benz G-Class Jadi Mobil Balap
Pernah membayangkan sebuah Mercedes-Benz G-Class jadi sebuah mobil balap touring? Perkenalkan Project Gelandewagen, sebuah karya seni kobalorasi dengan desainer Louis Vuitton.

Project Gelandewagen tidak membuat prototype mobil balap G-Class, atau sebuah gagasan gila Mercedes untuk turun di ajang balap sirkuit dengan sebuah G-Class. Yakali turun balap dengan SUV besar yang sama sekali tidak aerodinamis.

>>> Modifikasi AMG G63 ini hadir dengan konsep steampunk

Hasil dari proyek ini adalah model berukuran 1:3 yang akan dilelang di perusahaan lelang Sotheby’s dengan estimasi antara $60.000 sampai $80.000 (antara Rp 891 juta sampai Rp 1,2 miliar).

Kolaborasi AMG dan Louis Vuitton

Project Gelandewagen adalah hasil kolaborasi antara Chief Designer Mercedes-Benz Gorden Wagener dan Director Artistic Louis Vuitton, Virgil Abloh. Keduanya sepakat melakukan hal gila yang tak pernah terpikirkan, yakni menjadikan sebuah Mercedes-Benz G-Class sebagai basis, dan dibuat menyerupai mobil balap touring.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Abloh dan Wagener membuat G-Class lebih ceper dan menambahkan wide fender, bagian kacanya ditutupi jaring-jaring khas mobil balap, dengan ban balap yang bertuliskan Mercedes-Benz Gelandewagen. Pemilihan warna mobil di sini cukup unik, jika dilihat seksama Mercedes-Benz G-Class balap ini justru hadir dengan tekstur nyentrik layaknya mobil habis diamplas.

Tampilan depan Mercedes-Benz G-Class project gelandewagen

Ban Mercedes-Benz G-Class Project Gelandewagen

Desain fender belakang Mercedes-Benz G-Class di project gelandewagen

Detail eksterior G-Class balap kreasi Wagener dan Abloh

Seperti layaknya kabin mobil balap, hampir seluruh komponen interior Mercedes-Benz G-Class di proyek ini dipreteli sampai menyisakan beberapa hal penting saja. 

>>> Berita pasar mobil terbaru 2020 dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Interior didominasi warna putih, dengan roll cage berwarna biru muda, sabuk pengaman, penarik pintu, dan beberapa tombol penting diberi warna merah menyala, dengan setir ala Formula 1 dan kursi dari mobil DTM.

Kecepatan adalah masa depan kemewahan?

Mercedes-Benz mengatakan Project Gelandewagen menggambarkan bagaimana penggambaran kemewahan di masa depan. Agak sedikit aneh, mengingat konsep yang diambil adalah mobil mewah, yang tentu bertolak belakang dengan kemewahan.

Desain interior Mercedes-Benz G-Class Project Gelandewagen

Desain dasbor Mercedes-Benz G-Class Project Gelandewagen

Desain dasbor juga dibuat selayaknya mobil balap, sangat minimalis

“Lewat Project Gelandewagen, kami membuat karya seni unik yang memamerkan bagaimana kemewahan digambarkan di masa depan, dan hasrat untuk kecantikan dan hal luar biasa. Hasilnya adalah sesuatu di antara realita dan masa depan,” ujar Wagener soal kreasinya bersama Abloh.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top