Progres Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Progres Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaporkan progres pembangunan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan) telah mencapai 95,11 persen.

Menyusul dioperasikannya jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) Seksi 1A (Kayu Agung-Jakabaring) tanpa tarif mulai 1 April 2020, pembangunan terus dilanjutkan ke Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan). Pemerintah terus mengupayakan agar jalan sepanjang 9 Km itu segera selesai.

Progres 95,11 persen

Dalam rilisnya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan bahwa progres Tol Kapal Betung Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan) telah mencapai 95,11 persen. Tinggal 5 persen lagi, maka jalan tol bakal tersambung dari Kayu Agung hingga Keramasan.

Nantinya jika Seksi 1A dan Seksi 1B benar-benar sudah tersambung jarak tempuh kedua kota itu juga bakal lebih singkat dari sebelumnya memakan waktu 2 jam (melalui Jalan Lintas Timur) menjadi 30-40 menit.

Jarak tempuh dari Kota Palembang hingga Bandar Lampung juga bakal lebih singkat dari sebelumnya memakan waktu hingga 10 jam menjadi 3-3,5 jam saja.

“Kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera yang terbangun cukup panjang, dari Lampung hingga Aceh menjadi jawaban atas terhubungnya setiap wilayah yang terus dikoneksikan dengan daerah yang dahulunya sulit dijangkau melalui jalan bebas hambatan.” tulis BPJT di laman resminya, (6/10/2020).

>>> Baru Dibuka Tol Kayu Agung-Palembang Langsung Diperketat

Foto menunjukkan Gerbang Tol Palembang

Seksi 1A Tol Kapal Betung (akses Jakabaring) sudah beroperasi

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Lampung hingga Aceh. Panjangnya mencapai 111,6 kilometer membentang dari Kayu Agung hingga Betung. Di ujung selatan tersambung dengan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan di ujung utara tersambung dengan Jalan Tol Palembang-Indralaya serta Jalan Tol Betung-Jambi (rencana).

Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung terbagi menjadi 3 Seksi, yaitu:

  • Seksi 1A Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,50 Km,
  • Seksi 1B Jakabaring-Keramasan (Jalintim) sepanjang 9 Km,
  • Seksi 2 Jalintim-Musilindas sepanjang 24,90 Km, dan
  • Seksi 3 Musilindas - Betung sepanjang 44,29 Km.

PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) selaku pengelola menargetkan keseluruhan jalan bisa selesai pada tahun 2022 mendatang. Jadi, meski pandemi COVID-19 tengah melanda, pembangunan tetap jalan. Pengerjaan konstruksi dilakukan sesuai protokol pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan, sebagaimana Instruksi Menteri (Inmen) PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

>>> Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol

Foto menunjukkan salah satu bagian Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Bitung

Ditargetkan tahun 2022 Jalan Tol Kapal Betung selesai seluruhnya

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top