Profil Yasuo Sahashi, Orang Paling Berpengaruh Di R&D Daihatsu

19/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Saat peluncuran Daihatsu Terios Improvement beberapa waktu lalu ternyata ada sosok Yasuo Sahashi di balik salah satu LSUV tersukses di Indonesia ini, siapa dia?

Rasanya kami harus meminjam quote dari film The Intern di tahun 2015 yang dibintangi aktor kawakan Robert De Niro Jr dan Anne Hathaway, yaitu 'Experience Never Gets Old' untuk mendeskripsikan seorang bernama Yasuo Sahashi.

Background Yasuo Sahashi

Beberapa highlight pengalaman Yasuo Sahashi

Yasuo Sahashi yang punya sapaan akrab Sahashi-san adalah pria berkebangsaan Jepang ini pernah menjabat sebagai Chief Shiga Technical Center, & One of Toyota Team Pro Driver. Ia punya pengalaman lebih dari 40 tahun dan juga bertanggung jawab dalam pengetesan dan pengembangan mobil-mobil Daihatsu di Indonesia.

Tentang Indonesia

Pria ramah pengguna jam tangan Casio Edifice ini juga cerita ke kami tentang pengalamannya di Indonesia. "Saya sendiri sudah tinggal di Indonesia selama 10 tahun, Saya menemukan banyak sekali jalanan yang unik di Indonesia," buka alumnus Hachiman High School Jepang ini ke Cintamobil.com.

>>> Konsumsi BBM Daihatsu Terios Eco Idle 2021 Tembus Segini

Menurut Sashi-san yang sudah berpengalaman selaku test validator dan expert untuk Daihatsu ada beberapa hal yang membuat ia geleng-geleng kepala maupun mengerutkan dahi ketika lihat tingkah laku pengendara yang tidak tertib di Indonesia.

Yasuo Sahashi

Yasuo Sahashi juga bertanggung jawab untuk pengembangan mobil Daihatsu di Indonesia

Ada beberapa hal nyeleneh yang dia temukan selama mengetes mobil di Indonesia, "Yang unik di Indonesia adalah macetnya beda, cara orang Indonesia berkendara juga beda, serta cara bawa barangnya (untuk mobil komerisal serta penumpang) unik di Indonesia," kekeh pria yang genap berusia 60 pada tahun ini.

>>> Daihatsu Terios Diajak Ngedrift Pembalap Jepang

Ambil contoh saat ia mengetes Daihatsu Terios terbaru ini, di Padang dia menemukan jalanan yang berpasir dan curam, lalu jalan sempit berkelok di rute lintas provinsi Sumatera, hingga jalan rusak di bilangan Karawang, Jawa Barat hingga kondisi jalanan Banjir.

Rekomendasi Berdasarkan Pengalaman

10 tahun meneliti beragam macam jalan dan kondisi operasional Daihatsu Terios di Indonesia mendorong Sashi-san untuk merekomendasikan PT Astra Daihatsu Motor agar menambahkan fitur keselamatan aktif berupa HSA (Hill Start Assist) dan VSC-TCS (Vehicle Stability Control-Traction Control System).

Menu Pengetesan Daihatsu Terios

Rekomendasi diberikan Yasuo Sahashi berdasarkan hasil tes internal

Fitur HSA sangat membantu pengemudi saat mobil berada dalam kondisi stop and go di jalan menanjak yang cukup  terjal. Sedangkan fitur VSC-TCS menjaga  stabilitas dari kemungkikan selip di jalan licin. Karena, "Tujuan dari pengetesan kendaraan adalah agar konsumen bisa bahagia menaiki mobilnya, disamping itu juga untuk memastikan kendaraan tersebut menyenangkan dikemudikan oleh konsumen," tutup Sashi-san sembari tersenyum.

>>> Daihatsu Terios Disempurnakan, Sedikit Namun Menggigit

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top