Produksi Mobil di Indonesia Terganggu Kelangkaan Chip Semikonduktor?

25/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Produksi mobil Indonesia disebut-sebut ikut terganggu kelangkaan chip semi konduktor. Salah satunya adalah Mitsubishi yang dikabarkan memangkas produksinya.

Sejumlah pabrikan otomotif di dunia tengah mengalami kesulitan akibat kelangkaan chip semikonduktor. Kelangkaan tersebut sejatinya sudah mulai terasa pada tahun 2020 saat pandemi Covid-19 melanda. Permintaan mobil yang menurun membuat produksinya ikut merosot. 

Tapi di satu sisi pembelian perangkat elektronik lainnya seperti laptop justru meningkat dan menjadi salah satu penyebab kelangkaan chip semikonduktor untuk industri otomotif dunia. Langkanya chip semikonduktor ini membuat produksi mobil ikut terganggu. Produksi mobil di Indonesia pun turut terkena imbasnya. 

Produksi Xpander

Kegiatan produksi di pabrik Mitsubishi

>>> Toyota Mulai Produksi Mobil Listrik Secara Lokal Tahun Depan

Produksi Mobil Mitsubishi di Indonesia Terganggu

Mengutip Reuters, Selasa (25/5/2021) Mitsubishi merupakan salah satu produsen otomotif yang mengalami dampak kelangkaan chip semi konduktor ini. Walhasil produsen berlogo tiga berlian itu bakal memangkas produksi 30.000 unit mobilnya di Jepang, Thailand, dan juga Indonesia pada Juni mendatang. 

Kemudian ada juga Nissan dan Suzuki yang turut mengalami hal serupa. Nissan dikabarkan akan menyetop produksi di pabrik Kyushu selama tiga hari pada 24,25, dan 28 Juni. Nissan juga akan melakukan penyesuaian produksi pada bulan ini tepatnya di pabrik Tochigi dan Oppama.

Kegiatan produksi di pabrik Nissan Meksiko pun ikut terhambat akibat kelangkaan tersebut. Akibatnya produksi mobil di pabrik Nissan akan berkurang hingga 500.000 unit. Meski begitu, Nissan juga sudah menyiapkan rencana agar produksi bisa kembali seperti semula. 

Daihatsu Sudah Lakukan Antisipasi

Ada Diskon PPnBM, Toyota hingga Wuling Genjot Produksi Mobil

Daihatsu sudah menyiapkan langkah antisipasi

Suzuki pun demikian. Tiga pabrik di perfektur Shizuoka akan ditutup sementara selama 3-9 hari. Suzuki juga dikabarkan tengah mengatur produksi guna meminimalisir dampak dari kelangkaan chip semikonduktor. 

Sebelumnya persoalan kelangkaan chip semi konduktor ini juga diantisipasi oleh Daihatsu. Daihatsu menyebut ada satu produknya yang tengah dipantau agar tak mengalami pemangkasan produksi akibat kelangkaan itu. 

"Semi konduktor atau chip memang kebutuhan teknologi digital ini sangat berkembang sekali sekarang semua serba online kemudian butuh teknologi sangat tinggi jadi ada shifting kebutuhan semi konduktor untuk menunjang tadi," ungkap Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor Stephanus Surya beberapa waktu lalu. 

"Dari Toyota grup terus pantau impact produksi. Kebetulan untuk Daihatsu alhamdulillah kita nggak banyak impactnya, masih ada 1 model yang terus kita pelajari supaya problem semi konduktor tidak menghambat supply kita," jelas Surya lagi. 

>>> Porsche Bocorkan 2 Mobil Rahasia yang Tak Naik Produksi

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top