Produksi Dihentikan, Suzuki Grand Vitara Tinggal Menunggu Akhir Hayat

29/10/2018

Pasar mobil
Segmen SUV di Indonesia tidak lama lagi bakal berkurang satu pesaing setelah Suzuki Grand Vitara dipastikan berhenti diproduksi di Jepang. Bagaimana langkah Suzuki selanjutnya untuk mengisi kekosongan di segmen ini?

Peta industri otomotif di tanah air pada 2018 tidak hanya dihiasi kehadiran model-model baru dan model lama yang disegarkan, tapi juga diwarnai dengan cerita pahit beberapa model karena kalah bersaing dengan para kompetitor. Suzuki misalnya, sukses menghadirkan model baru All New Ertiga di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akhir April tak berarti bebas dari cerita pahit. Salah satu line up unggulannya yaitu Grand Vitara tinggal menunggu akhir hayat.

Foto Suzuki Grand Vitara tampak dari samping depan

Suzuki Grand Vitara, tak cukup kuat bertarung di segmen SUV

Selain penjualan yang tidak laris, Suzuki Grand Vitara yang bergenre SUV ini produksinya sudah dihentikan di negara asalnya Jepang sejak Juli 2018 lalu. Padahal Grand Vitara yang dijual di Indonesia diimpor langsung dari sana dalam wujud utuh (CBU). Lalu berapa stok yang masih tersedia di dealer?

Menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, stok Grand Vitara saat ini kurang dari 100 unit dan masih tersimpan di gudang menunggu untuk didistribusikan. Sebagian sudah dipesan secara fleet oleh swasta dan pemerintah. “Sekarang stoknya tidak sampai ribuan. Mungkin tinggal puluhan, di bawah 100 unit,” kata Donny Saputra saat ditemui media beberapa waktu lalu.

Melihat data impor yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Cintamobil.com mendapai impor Suzuki Grand Vitara dari Januari hingga September 2018 jumlahnya ada 50 unit. Di periode yang sama penjualan Suzuki Grand Vitara secara wholesales (dari pabrik ke dealer) hanya ada 28 unit. Artinya kemungkinan sisa yang ada hanya sekitar 20 unit.

Suzuki Grand Vitara adalah SUV dengan penampilan gagah namun anggun dan berkesan mewah. Mobil ini dibekali mesin bensin J24B DOHC VVT berkapasitas 2.400 cc. Dipadu dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, tenaga yang dihasilkan mencapai 168,5 PS dan torsi maksimum 227 Nm.

>>> Review dan Spesifikasi Lengkap Suzuki Grand Vitara 2016 bisa Anda lihat di sini!

Ada dua model Grand Vitara yang ditawarkan di Indonesia dengan harga sebagai berikut:

Group Model Sales Model Harga on the Road
NEW GRAND VITARA 2.4 M/T Rp 367,000,000
NEW GRAND VITARA 2.4 A/T Rp 378,000,000

Berhentinya produksi dan pemasaran Grand Vitara ini menambah daftar discontinue mobil Suzuki. Beberapa model lain sudah distop duluan dan tidak ada lagi dalam line up Suzuki seperti Celerio, Cias, Splash dan Ertiga diesel hybrid. Sementara untuk Suzuki Baleno yang pernah populer di tahun 2000-an sudah bertransformasi menjadi hatchback.

Belum diketahui apakah Suzuki bakal menghadirkan model lain untuk mengisi kekosongan segmen SUV ini. Ditunggu saja bareng-bareng!

>>> Mau beli Suzuki Grand Vitara, di Cintamobil.com ada ratusan koleksi yang siap dipinang!

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top