Pria Ini Pakai Dana Bantuan Covid-19 untuk Beli Ferrari-Lamborghini!

18/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Duh ada saja kelakuan pria asal California satu ini. Ia menyelewengkan dana bantuan Covid-19 untuk membeli mobil mewah seperti Lamborghini hingga Ferrari!

Pandemi Covid-19 membuat kondisi perekonomian di sejumlah negara terganggu. Tak sedikit pebisnis harus memutar otak agar usahanya bisa terus berjalan. Salah satunya dengan berusaha memperoleh suntikan dana agar usahanya tetap bergulir. Kalau tidak, bukan tak mungkin para pebisnis itu bisa gulung tikar. 

Pemerintah dan sejumlah pihak pun bahu-membahu untuk menggalang dana guna membantu masyarakat yang terdampak. Misalnya di Negeri Paman Sam AS yang merilis Paycheck Protection Program (PPP) dengan memberikan pinjaman kepada para pebisnis semasa Covid-19.

>>> Geber Lamborghini di Komplek Perumahan, Pengemudi Ini Bikin Warga Geram!

Dana Bantuan Covid-19 Dipakai Beli Ferrari-Lamborghini

Image

Mobil Ferrari Qadiri yang kini disita otoritas setempat

Tapi nyatanya ada yang menyalahgunakan dana bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pribadinya dengan membeli mobil super berbanderol harga fantastis. 

Adalah pria asal Irvine, California Mustafa Qadiri yang menipu pemerintah setempat untuk memperoleh uang bantuan Covid-19 dan berdalih agar bisnisnya tetap 'ngebul'. Diberitakan The New York Times, Senin (17/5/2021), Qadiri didakwa melakukan penipuan terhadap bank hingga tindakan pencucian uang. 

Upaya Qadiri untuk mulai mendapatkan dana bantuan Covid-19 itu dimulai sejak Mei 2020 hingga bisa mendapatkan US$ 5,1 juta atau setara Rp 72,8 miliar pada awal Juni. Pengajuan pinjaman tersebut dilakukan Qadiri ke tiga bank agar empat perusahaan yang diakui miliknya bisa mendapatkan dana bantuan dalam program Paycheck Protection Program.

Namun setelah diselidiki lebih jauh, ternyata perusahaan tersebut tak ada yang beroperasi. Qadiri juga diketahui menggunakan nama dan identitas orang lain agar proses pengajuan bisa lancar.

Dana bantuan itu selanjutnya digunakan Qadiri untuk membeli mobil mewah dengan banderol harga fantasti seperti Ferrari, Lamborghini, dan juga Bentley sekaligus liburan mewah. Padahal semua hal itu amat dilarang pada program PPP. 

Image

Qadiri juga diketahui membeli Bentley Continental GT Coupe

>>> Percuma Punya Mobil Mewah Kalau Otaknya di Dengkul!

Hukuman Hingga 302 Tahun dalam Penjara Menanti

Qadiri diketahui membeli Ferrari 458 Italia yang terdaftar atas nama All American Capital Holdings, salah satu perusahaan yang didaftarkan dalam PPP. Pun demikian dengan Lamborghini Aventador S yang terdaftar atas nama serupa. Hingga saat ini, pengacara Qadiri enggan memberikan komentar terkait kasus itu. 

Belum habis sampai di situ, dalam persidangan jaksa juga menyebut Qadiri menggunakan dana bantuan Covid-19 untuk membeli Bentley Continental GT Coupe. Ketiga mobil itu kini tengah disita. Qadiri kini harus menghadapi hukuman atas perbuatan yang dilakukannya. Juru bicara persidangan Amerika menyatakan bila terbukti bersalah Qadiri akan dikenakan hukuman berlapis berupa 302 tahun di dalam kurungan penjara.

>>> 4 Hasil Modifikasi Mobil Lamborghini Buatan Lokal yang Paling Gokil

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top