'Presiden Joko Widodo' Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi

20/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
'Presiden Joko Widodo' Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi
Ada yang unik di Abu Dhabi. Pemerintah setempat baru saja meresmikan penggunaan Presiden Joko Widodo jadi nama jalan di sebuah kawasan diplomatik Abu Dhabi.

Uni Emirat Arab baru saja meresmikan sebuah jalan yang menggunakan nama Presiden Indonesia ke-7 yakni Joko Widodo. Penggunaan nama jalan Presiden Joko Widodo Street ini digunakan pada satu ruas jalan di Kota Abu Dhabi. 

Peresmian Presiden Joko Widodo jadi nama jalan dilakukan langsung oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office.

Jalan Presiden Joko Widodo

Jalan ini baru diresmikan kemarin

>>> Siap-siap! Polisi Bakal Pantau Kecepatan Pengendara di Jalan Raya

Diharap Bisa Memperkuat Hubungan Bilateral Kedua Negara

Jalan Presiden Joko Widodo ini membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati oleh sejumlah kantor perwakilan Diplomatik. 

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang," ungkap Joko Widodo dalam laman instagram resminya seperti dilihat Cintamobil.com, Selasa (20/10/2020). 

Jokowi juga berharap adanya penamaan jalan dirinya bisa mempererat hubungan kedua negara. 

"Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia," tambah Jokowi. 

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo juga menjadi bentuk kehormatan Pemerintah UEA kepada Presiden Indonesia saat ini untuk memajukan hubungan bilateral antara keduanya.

Jalan Presiden Joko Widodo

Diharap bisa memperkuat hubungan bilateral kedua negara

Bukan yang Pertama 

Ini bukanlah yang pertama negara lain menggunakan nama orang Indonesia pada sejumlah fasilitasnya di sana. Sebelumnya, nama Mantan Presiden Indonesia Sukarno juga cukup populer di berbagai negara. 

Di Rusia misalnya, masjid bernama Saint Petersburg Mosque justru lebih dikenal dengan sebutan Masjid Soekarno. Kala itu, bangunan masjid itu dialihfungsikan menjadi gudang. 

Kemudian Sukarno meminta pemimpin Rusia kala itu Nikita Kruschev untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat beribadah. Jasa Sukarno itu dikenang dan dijadikan nama Masjid. 

Nama Sukarno juga dipakai sebagai nama jalan. Sebuah kota di Rabat menamai satu ruas jalannya dengan 'Jalan Soekarno'. Sebuah jalan di Maroko pun demikian. Sebuah jalan yang semula bernama Sharia Al-rais Ahmed Soekarno kini dikenal dengan Rue Soekarno.

Selain masjid di Rusia, Soekarno juga menjadi nama sebuah taman di Meksiko. Kemudian ada juga Monumen Soekarno di Aljazair. Di Pakistan Soekarno menjadi sebuah tempat yakni Soekarno Square di kawasan Khyber Bazar.

Kemudian ada juga penggunaan nama tokoh Indonesia lainnya yakni Jalan Raden Adjeng Kartini di kota Amsterdam, Belanda. 

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top