Prediksi Trafik Jalan Tol Jelang Lebaran

08/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Prediksi Trafik Jalan Tol Jelang Lebaran
Larangan mudik menjadi alasan trafik jalan tol jelang Lebaran 2021 diprediksi tidak akan separah dan sepadat jelang libur Paskah 2021, demikian menurut BPJT

Trafik jalan tol selalu mengalami peningkatan signifikan setiap kali mudik lebaran datang. Tidak hanya kepadatan, besarnya volume kendaraan terkadang menimbulkan kemacetan parah. Namun hal tersebut diperkirakan tidak akan terjadi pada musim mudik tahun ini. Alasannya hanya satu, yakni larangan mudik.

Lebih rendah dari Libur Paskah

Jangankan menyamai dengan libur lebaran tahun-tahun terdahulu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memperkirakan volume lalu lintas (VLL) musim mudik Lebaran 2021 lebih rendah dari saat masa Libur Paskah 2021. Dari data yang masuk di BPJT VVL pada saat arus mudik Paskah, yaitu tanggal 1-2 April 2021 lalu mencapai 630.016 kendaraan. Naik 15,32% dibanding hari-hari biasa. Sedangkan VVL saat arus balik pada 3-4 April 2021 mencapai 601.888 kendaraan. Turun 14,96% dibanding hari-hari biasa.

Data ini cukup sinkron dengan data yang dicatat PT Jasa Marga (Persero). Saat arus mudik 1-2 April kendaraan yang keluar dari ibu kota via tol ke arah barat (GT Cikupa), selatan (GT Ciawi) dan timur (GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama) mencapai 351.256 kendaraan. Sedangkan kendaraan yang kembali ke ibu kota pada 3-4 April melalui GT yang sama volumenya lebih rendah, yaitu 343.962 kendaraan.

>>> Melihat Lagi Aturan yang Melarang Mudik Lebaran Tahun 2020

Foto Lalu lintas jalan tol malam hari saat libur Paskah 2021

Trafik jalan tol di mudik libur Paskah 2021 mengalami peningkatan

Untuk arus mudik Lebaran yang akan tiba kurang lebih satu bulan lagi, diprediksi tidak akan sepadat di atas, bahkan berpotensi menurun. Pemerintah telah memutuskan larangan mudik Lebaran 2021. Aturannya segera diterbitkan, pembatasan sarana transportasi serta penyekatan akses keluar masuk Jabodetabek juga bakal diperketat.

"VLL pada musim [Mudik] Lebaran 2021 nantinya akan terdapat perbedaan karakteristik dikarenakan adanya pembatasan kendaraan pada Mudik Lebaran 2021," tutur Kepala BPJT, Danang Parikesit kepada media, Rabu (7/4/2021).

Penyekatan lebih dari 300 lokasi

Sebagaimana diketahui, pemerintah resmi melarang aktivitas mudik Lebaran 2021, berlaku mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikannya ke publik dalam Konferensi Pers Rapat Tingkat Menteri (RTM) terkait Persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Jumat (26/3/2021).

Sebagai tindak lanjut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerbitkan aturan pengendalian transportasi darat, laut, dan udara. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan penyekatan untuk meminimalisir pergerakan kendaraan yang ingin mudik. Bersama dengan Korlantas Polri penyekatan dilakukan di 333 lokasi, di jalan tol maupun arteri nasional.

"Titik penyekatan ini untuk memastikan masyarakat agar tidak mudik Lebaran 2021 sebagaimana keputusan pemerintah," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangan tertulis usai rapat bersama Kementerian Perhubungan di Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (2/4/2021).

>>> Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!

Foto Penyekatan jalan tol di GT Brebes Timur

Akan ada penyekatan jalan saat mudik lebaran tahun ini

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top