Praktis, Warga Sulsel Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret

15/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Praktis, Warga Sulsel Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret
Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan resmi menggandeng PT Indomarco Indomaret untuk menghadirkan fasilitas bayar pajak kendaraan bermotor.

Melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan, pemerintah setempat telah menghadirkan berbagai kanal alternatif untuk melakukan pembayaran pajak tahunan pada kendaraan bermotor pribadi mereka, seperti Samsat Link, e-payment, Samsat Keliling, hingga mobile banking.

Diluncurkan pada Senin (11/3), opsi pembayaran pajak kendaraan di Indomaret ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, memanfaatkan teknologi internet terkini. Pengguna terlebih dulu mengunduh aplikasi e-samsat Sulsel, lalu memasukkan berbagai data yang dibutuhkan, sebelum melakukan pembayaran ke Indomaret.

>>> Segera bayar pajak kendaraan, kalau tidak mau terkena masalah ini!

"Dalam proses pembayarannya membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor HP. Dikarenakan ini juga membutuhkan kode traksaksi," ucap Plt Bapenda Sulsel, Denny Irawan, dalam sambutan pada acara peluncuran di Indomaret Boulevard, Makassar, dikutip dari Tribun-Timur.com.

Sebelum acara launcing, warga Sulawesi Selatan sudah bisa menikmati layanan tersebut per 1 Maret. Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina berharap tidak ada lagi alasan menunggak pajak kendaraan dengan hadirnya pembayaran pajak kendaraan di Indomaret.

“Tidak ada lagi alasan tidak membayar pajak karena samsat jauh. Sekarang sudah bisa membayar pajak di Indomaret yang tersebar hingga ke daerah terpencil,” ucapnya, dikutip dari idntimes.

>>> Sedang mencari mobil berbagai jenis? Cintamobil.com punya daftarnya!

Potensi Ke Daerah Lain

Petugas Indomaret

Selamat datang di Indomaret, silakan bayar pajaknya! (foto: sulselonline.com)

Pemerintah Daerah Bogor juga telah memanfaatkan teknologi terkini untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Melalui aplikasi Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat), pengguna akan mendapat kode yang kemudian dibayarkan lewat beberapa ATM bank.

“Jika seseorang hendak membayar pajak kendaraan tahunan, cukup dia mengunduh terlebih dahulu aplikasi Sambara dan mendapatkan kode bayar. Dengan begitu, pembayaran bisa dilakukan dimana saja,” jelas Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kota Bogor, Cecep Rohimat, dilansir dari Antaranews.

Langkah serupa juga telah dilakukan Pemda Jawa Tengah dengan meluncurkan aplikasi pembayaran perpanjangan STNK secara online, 25 November 2018 lalu.

Semoga saja layanan pembayaran pajak kendaraan di Indomaret atau kanal lainnya cepat menyebar ke daerah lain, sehingga bagi perantau dengan plat nomor daerah asal tidak perlu lagi kembali ke kampung halamannya. 

>>> Perbarui kabar otomotif terbaru hanya di Cintamobil.com!

Share this post:
 
back to top