Daihatsu Harap Pertahankan Posisi 2 Penjualan Mobil di Indonesia

18/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan diperpanjangnya kebijakan relaksasi PPnBM 100% yang dilakukan pemerintah, Daihatsu berhasil meraih posisi kedua pada penjualan otomotif nasional.

Demi menstimulus pasar otomotif nasional di tengah kondisi pandemi COVID-19, Pemerintah memperpanjang relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100% hingga Agustus 2021.

Dukungan ini diharapkan dapat direspons secara positif oleh pasar seiring keluarnya PMK (Peraturan Menteri Keuangan) pada akhir Juni 2021. Calon konsumen yang menunda dan cenderung wait & see dapat melakukan pembelian kendaraan dengan memaksimalkan program ini.

Pasar Ritel Otomotif Naik 2,5% di Bulan Juni

Secara nasional, pasar ritel otomotif pada Juni 2021 mencatatkan penjualan di kisaran 65 ribu unit, atau naik sebesar 2,5% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu yang berada di kisaran 64 ribu unit.

Gambar Unit Daihatsu

Jajaran unit yang siap dikirimkan ke para pelanggan

>>> 1.038 Titik Penyekatan Tetap Berlaku Meski Ada Libur Idul Adha

Memang kenaikannya terbilang sedikit mengingat perpanjangan PPnBM ini diprediksi dapat berdampak positif terhadap penjualan. Namun, pemberlakuakn PPKM Darurat serta penundaan pengumuman perpanjangan diskon relaksasi PPnBM menjadi alasan kecilnya kenaikan tersebut.

Kenaikan serupa juga terjadi pada pasar wholesales nasional, yang mencapai penjualan 72 ribu unit, atau naik sebesar 32,7% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu di angka 54 ribu unit.

Selain kenaikan pasar, dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu, yang bahkan memiliki performa kenaikan lebih baik dibanding pasar secara keseluruhan, sekaligus tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Juni 2021.

Pada penjualan ritel bulan Juni 2021, Daihatsu membukukan capaian di kisaran 12 ribu unit, atau naik 16,6% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 10 ribu unit. Kenaikan juga terjadi pada wholesales yang mencatatkan capaian kisaran 15 ribu unit, naik 86,3% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 8 ribu unit.

Gambar Produksi Daihatsu

Meski kapasitas produksi menurun selama pandemi, Daihatsu masih catat hasil positif

>>> Hebat! Truk Listrik Ini Ngecas Lebih Cepat Dari Laptop

Capaian Year-to-Date Daihatsu Membaik Dibanding Tahun Lalu

Dari capaian pada bulan Juni 2021 ini, baik retail sales, maupun wholesales menjadi capaian market share tertinggi Daihatsu selama Semester 1 tahun 2021, yakni retail sales sebesar 19,0%, dan wholesales sebesar 21,3%.

Dibanding merek lain, wholesale Daihatsu mencatatkan hasil terbaik dengan capaian year-to-date dari Januari hingga Juni 2021 yang lebih baik dibanding tahun lalu. Hal ini didorong oleh distribusi vaksin yang sudah berjalan di Tanah Air, adanya berbagai stimulus dari Pemerintah, serta sikap masyarakat yang lebih optimis.

"Daihatsu bersyukur hingga Semester 1 dapat mempertahankan posisi penjualan nasional nomor 2. Kami terus berusaha memenuhi permintaan pelanggan di tengah perpanjangan insentif diskon pajak dari pemerintah, serta meningkatkan aktivitas digital marketing karena adanya keterbatasan mobilitas di tengah kondisi PPKM yang berlaku sejak awal Juli 2021 ini," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top