PPKM Diperpanjang, Provinsi DIY Turun Ke Level 3

07/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PPKM diperpanjang kembali untuk periode 7 - 13 September 2021, seluruh kota/kabupaten di Provinsi DIY turun ke status PPKM Level 3 dari sebelumnya Level 4.

Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali untuk periode 7 - 13 September 2021. Dan seperti sebelumnya kali ini terjadi penurunan ke level lebih rendah di sejumlah wilayah kota/kabupaten.

“Yang pertama situasi perkembangan Covid 19 di Jawa Bali terus mengalami perbaikan yang cukup berarti." kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

"Hal ini ditandai semakin sedikitnya kota/kabupaten berada di wilayah level 4 dimana per tanggal 5 September 2021 hanya 11 kota/kabupaten Jawa Bali yang ada pada level 4 dari sebelumnya berjumlah 25 kota/kabupaten.“ lanjut Menko Luhut.

Foto menunjukkan Menko Marinves Luhut B. Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM

Pemerintah memutuskan PPKM diperpanjang lagi hingga 13 September 2021

Provinsi DIY Level 3

Dari sekian banyak penurunan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diantara yang berhasil. Seluruh kota/kabupaten di Provinsi DIY turun ke level 3 dari level 4 pada PPKM 30 Agustus - 6 September 2021.

“Peningkatan yang signifikan ini terjadi pada level 2 dimana jumlah kota/kabupaten meningkat dari sebelumnya 27 menjadi 43 kota/kabupaten dari wilayah aglomerasi, juga Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil turun ke level 3.” kata Luhut.

>>> Pengamat: "PPKM Diperpanjang? Pasti, Levelnya Saja yang Berubah"

Tempat Wisata Dibuka

Pada perpanjangan PPKM kali ini pemerintah juga melakukan beberapa penyesuaian, khususnya di wilayah-wilayah berstatus level 3 dan level 2.

“Ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode 7 - 13 September ini.” tutur Luhut.

Foto menunjukkan petugas memeriksa kendaraan di masa PPKM

Jogja turun ke PPKM Level 3

Diantaranya waktu makan di mal atau dine in diperpanjang menjadi 60 menit dari sebelumnya 30 menit. Kapasitas tempat makan juga ditingkatkan menjadi 50%.

Bakal dilakukan juga uji coba pembukaan 20 tempat wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan mengimplementasikan aplikasi Peduli Lindungi.

Lagi-lagi Menko Marinvest Luhut mengingatkan bahwa Covid bakal berlangsung sangat lama. Dan berpesan agar masyarakat bisa menyesuaikan

“Bapak presiden dalam rapat kabinet terbatas tadi siang menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu yang singkat. Dan kita perlu menyiapkan diri untuk hidup bersama Covid-19 karena Covid-19 ini akan berubah dari pandemi ke endemi.” tegas Menko.

>>> Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

Foto para pengunjung dine in di restoran

Sudah boleh dine in, maksimal 60 menit

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top