PPKM Diperpanjang, Jokowi Minta Daerah Turunkan Level

24/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah mengumumkan PPKM diperpanjang lagi mulai 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021 dengan tuntutan beberapa daerah bisa turun level yang lebih rendah.

PPKM diperpanjang, demikian keputusan pemerintah usai berakhirnya perpanjangan PPKM 23 Agustus 2021 yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam siaran resminya.

Tuntut penurunan level

Presiden mengapresiasi penurunan kasus konfirmasi positif yang sangat signifikan dari masa puncaknya. Namun demikian, perpanjangan PPKM tetap diperlukan dengan tuntutan daerah-daerah yang masih berada di level 4 bisa turun ke level yang lebih rendah.

>>> Duh! Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

Foto Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan PPKM hingga 30 Agustus

Pemerintah memutuskan PPKM diperpanjang lagi hingga 30 Agustus 2021

“Sejak titik puncak kasus pada tanggal 15 Juli 2021, kasus konfirmasi positif terus menurun. Dan sekarang ini sudah turun sebesar 78%. Angka kesembuhan secara konsisten juga lebih tinggi dibandingkan penambahan kasus konfirmasi positif selama beberapa minggu terakhir.” kata Presiden dalam keterangan resmi virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021) malam.

“Untuk itu pemerintah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 30 agustus 2021, beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3.” lanjutnya.

Presiden juga menjelaskan, dari evaluasi PPKM sebelumnya hasil yang dicapai cukup positif. Wilayah aglomerasi di Jawa dan Bali seperti Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah turun dari level 4 ke level 3.

Secara keseluruhan di Jawa dan Bali, daerah dengan kriteria Level 4 berkurang dari 67 kabupaten/kota berkurang menjadi 51.

Level 3 bertambah dari 59 kabupaten/kota menjadi 67. Sedangkan daerah dengan kriteria Level 2 bertambah dari 2 kabupaten/kota menjadi 10.

Daerah luar Jawa dan Bali juga berkembang cukup baik. Level 4 berkurang dari 11 provinsi menjadi 7. Level 4 berkurang dari 132 kabupaten/kota menjadi 104. Level 3 bertambah dari 215 kabupaten/kota menjadi 234. Level 2 dari 39 kabupaten/kota menjadi 48.

>>> Merawat Mobil Tetap Wajib Meski Tak Digunakan karena PPKM

Kapasitas Kunjungan Mall Boleh 50%

Foto menunjukkan aktivitas penjualan Honda di pusat perbelanjaan Kota Semarang

PPKM diperpanjang, pusat perbelanjaan diizinkan beroperasi

Dengan membaiknya status PPKM beberapa kelonggaran juga ditingkatkan. Seperti kapasitas kunjungan mall/pusat perbelanjaan yang pada awal percobaan hanya 25% naik menjadi 50%.

Dan seperti sebelumnya, para pengunjung harus memenuhi persyaratan protokol kesehatan yang ketat. Seperti sudah divaksin serta menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Anak-anak di bawah 12 tahun dan orang lanjut usia (lansia) di atas 70 tahun masih belum diperbolehkan masuk mall.

>>> PPKM Jawa Bali, Lansia dan Anak-Anak Dilarang Masuk Mall

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top