PPKM Diperpanjang, Ganjil Genap Bakal Diberlakukan di Kawasan Wisata

14/09/2021

Pasar mobil

3 menit

PPKM Jawa Bali diperpanjang untuk periode 14-20 September 2021. Salah satu poinnya sistem ganjil genap di sejumlah kawasan wisata dilakukan pada akhir pekan.

Pemerintah memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk periode 14-20 September 2021. Dari hasil evaluasi PPKM sebelumnya sejumlah wilayah kabupaten/kota dinyatakan turun ke level yang lebih rendah.

“Pada penerapan PPKM dilakukan hingga minggu lalu pemerintah berhasil menurunkan provinsi bali menjadi level 3. Sehingga dari 11 kabupaten/kota kabupaten level 4 pada minggu lalu pada hari ini jumlahnya berkurang menjadi hanya 3 kabupaten/kota” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/9/2021).

Foto menunjukkan Menko Marinves Luhut B. Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM

Pemerintah memutuskan PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi hingga 20 September 2021

Ganjil Genap Akhir Pekan

Tidak seperti biasanya, kali ini Menko Marinves juga menyinggung sistem ganjil genap. Secara tegas disampaikan pembatasan mobilitas kendaraan berdasarkan plat nomor itu bakal diberlakukan di sejumlah kawasan wisata setiap akhir pekan.

“Penerapan ganjil genap akan diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata mulai jum’at pukul 12.00 siang sampai Minggu pukul 18.00. Tujuannya untuk mengurangi kendaraan yang datang kesana,” kata Luhut.

Bukan tanpa alasan, membludaknya pengunjung Pantai Pangandaran Jawa Barat akhir pekan lalu jadi salah satu contoh. Dikhawatirkan meningkatkan potensi penyebaran kasus baru Covid-19.

“Di beberapa wilayah terjadi peningkatan mobilitas yang cukup masif. Utamanya terjadi di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran yang dipenuhi pengunjung dari Bandung Raya, Tasikmalaya dan Jabotabek sehingga berpotensi untuk terjadi penyebaran kasus impor bagi daerah tersebut.” jelasnya

>>> Kemenhub Siapkan Sistem 4 in 1 di Puncak Bogor, Apa Itu?

Foto menunjukkan antrean kendaraan di Gerbang tempat wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat

Pantai Pangandaran kembali ramai pasca turun level PPKM

Poin Penyesuaian dan Pengetatan

Ada beberapa poin terkait penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat perpanjangan PPKM Jawa Bali kali ini, diantaranya:

  • Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50% di kabupaten/kota dengan status PPKM Level 3 dan Level 2.
  • Meningkatkan kepatuhan terhadap penerapan aplikasi Peduli Lindungi pada lokasi-lokasi industri yang belum menerapkan secara maksimal.
  • Menambah tempat wisata yang dibuka di kabupaten/kota berstatus PPKM Level 3
  • Penerapan ganjil genap akan diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata setiap akhir pekan.

Menko Marinves Luhut juga kembali mengingatkan PPKM Jawa Bali akan terus diberlakukan selama masih ada pandemi Covid-19.

“Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM level Jawa Bali akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali.” tegas Luhut.

>>> Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

Foto petugas berjaga di titik pembatasan ganjil genap

Ganjil genap diterapkan untuk membatasi mobilitas kendaraan

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top