PPKM Diperpanjang Lagi, Ini Persyaratan untuk Bepergian

05/01/2022

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
PPKM Diperpanjang Lagi, Ini Persyaratan untuk Bepergian
Pemerintah Republik Indonesia telah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pasca periode Natal dan Tahun Baru 2022.

Mobilitas masyarakat yang cukup tinggi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 berpotensi menimbulkan kenaikan kasus positif COVID-19. Karena itu, pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga 17 Januari 2022.

PPKM pertama kali dilaksanakan pada Juli 2021 dan sejak saat itu, memang kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah melandai. Kebijakan ini pun terus diperpanjang dengan level yang berbeda dengan menyesuaikan kondisi di tiap-tiap daerah.

Gambar Swab Test

Sejak PPKM diberlakukan, kasus COVID-19 di Indonesia sudah melandai

Dengan berlakunya perpanjangan tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut memberlakukan aturan perjalanan terbaru mulai yang berlaku sejak 3 Januari 2022 dengan merujuk ke Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 No.22/2021.

>>> PPKM Level 3 di Libur Nataru Batal Berlaku, Ini Peraturan Penggantinya

Tak Lagi Merujuk Pada Aturan Selama Nataru

Aturan perjalanan terbaru ini tak lagi merujuk ke SE No.24/2022, melainkan SE No.22/2021. Karena SE No.24/2022 hanya berlaku selama periode Nataru yang berakhir pada Minggu, 2 Januari 2022.

Gambar Bepergian

Aturan perjalanan saat ini sudah tak seketat saat PPKM selama Nataru

Lantas, apa saja aturan perjalanan terbaru di transportasi publik yang diatur dalam Surat Edaran tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tersebut?

>>> Jangan Sampai Baterai Mobil Tekor Gara-gara PPKM

Aturan Perjalanan per 3 Januari 2022

Berikut ini aturan perjalanan terbaru darat, laut, dan kereta api antarkota dengan merujuk kepada SE Satgas Nomor 22/2021. Bagi pelaku perjalanan dengan moda transportasi laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antar kota wajib memenuhi ketentuan:

  • Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  • Melampirkan kartu vaksin (minimal dosis pertama).
  • Hasil negatif RT-PCR 3x24 jam atau hasil negatif rapid Antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Untuk perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam wilayah aglomerasi perkotaan dikecualikan dari syarat-syarat di atas.

Adapun, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga telah menetapkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali pada 4-17 Januari 2022.

Gambar Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi masih terus diberlakukan

Hal ini ditegaskan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) No.1/2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 3 Januari 2022.

Dalam salinan Inmendagri tersebut, setidaknya ada 29 daerah di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 1 selama dua pekan mendatang.

>>> Temukan Pilihan Mobil Bekas dan Berkualitas dengan Klik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top