PPKM Darurat Luar Jawa Bali Dimulai, Kartu Vaksin Tidak Wajib?

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

PPKM Darurat Luar Jawa Bali resmi berlaku mulai hari ini, 12 Juli 2021. Aturannya Tidak berbeda dengan PPKM Jawa Bali yang telah berlangsung sejak 3 Juli 2021.

Merespon lonjakan Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah memperluas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di luar Jawa. Mulai hari ini, Senin (12/7/021) hingga Selasa, (20/7/2021) belasan provinsi bakal melaksanakan segala aturan yang telah ditetapkan.

“Pengaturan ini mulai berlaku pada 12 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021. Ini dikunci untuk 15 kabupaten/kota, dan nanti akan dimonitor secara harian supaya bisa diantisipasi dengan baik perkembangannya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, dalam Keterangan Pers PPKM Darurat Luar Jawa-Bali, Jumat (09/07/2021) lalu secara virtual.

Foto Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat Luar Jawa Bali

Sumatra hingga Papua

Berikut 15 kota/kabupaten yang berlaku PPKM Darurat Luar Jawa Bali, tersebar dari Sumatra hingga Papua:

Kalimantan Barat

1. Kota Pontianak
2. Kota Singkawang
3. Kabupaten Berau

Kalimantan Timur

4. Kota Balikpapan
5. Kota Bontang

Kepulauan Riau

6. Kota Batam
7. Kota Tanjung Pinang.

Lampung

8. Kota Bandar Lampung

Nusa Tenggara Barat

9.Kota Mataram

Papua Barat

10. Kota Sorong
11. Kabupaten Manokwari

Sumatera Barat

12. Kota Bukittinggi
13. Kota Padang
14. Kota Padang Panjang

Sumatera Utara

15. Kota Medan

>>>. PPKM, Akronim yang Paling Meresahkan Tahun 2021

Kartu vaksin tidak wajib?

Untuk aturannya sendiri PPKM Luar Jawa Bali sama dengan aturan PPKM Darurat Jawa Bali yang telah berlangsung sejak 3 Juli 2021. Seperti 100% Work From Home untuk kegiatan sektor non esensial, 50% Work From Office (WFO) untuk sektor esensial, 100% Work From Office (WFO) untuk sektor kritikal, kegiatan pendidikan secara daring, hingga pembatasan mobilitas masyarakat.

Di sektor transportasi umum baik bus, angkot, taksi dan yang lain boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal 70% dan protokol kesehatan ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak aman, tidak mengobrol dengan penumpang lain, dan tidak makan minum selama di perjalanan.

Foto menunjukkan daftar 15 daerah PPKM Darurat Luat Jawa Bali

Terjadi peningkatan kasus Covid-19 di 15 daerah luar Jawa Bali

Belum ada keterangan apakah pelaku perjalanan domestik di 15 daerah di atas juga wajib menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan negatif Covid-19.

Pada aturan PPKM Jawa Bali yang tertuang dalam Inmendagri No.15 Tahun 2021 syarat tersebut berlaku, namun hanya untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali. Sedangkan untuk luar Jawa Bali tidak disebut. Berikut kutipannya:

12. Pelaku Perjalanan Domestik yang Menggunakan Transportasi Jarak Jauh
Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh (pesawat, bus, dan kereta api) harus:
a. menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama);
b. menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut; dan
c. ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek dan untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

>>> Syarat Perjalanan Transportasi di Masa PPKM Darurat Diperketat

Foto Bandara Rendani Manokwari Papua Barat

Akses via Bandara Rendani Manokwari dipantau secara ketat selama PPKM Darurat berlangsung

>>> Contoh Surat Jalan STRP untuk Keluar Masuk Jakarta Selama PPKM Darurat

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top