PPKM Darurat Jawa-Bali Sah! Naik Bus Harus Sudah Vaksin dan Antigen

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah mendapatkan berbagai perdebatan, Presiden Joko Widodo umumkan berlakunya PPKM Darurat Jawa-Bali yang akan berlaku mulai 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Jumlah angka penyebaran kasus Covid-19 semakin melonjak tajam di Tanah Air memebuat Pemerintah Pusat mengambil langkah tegas dengan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat yang akan diberlakukan di Jawa dan Bali.

Berlangsung Hingga 20 Juli 2021

PPKM Darurat ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang akan berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang. Sejumlah sektor kegiatan publik akan dibatasi dengan aturan PPKM Mikro Darurat ini.

>>> Kakorlantas: Pembatasan Mobilitas PPKM Dinilai Efektif Cegah Kerumunan

Gambar menunjukan Polisi

Polisi tengah berjaga menekan mobilitas masyarakat di malam hari

"Saya ingin menyampaikan satu hal yang sangat penting bagi keselamatan kita semuanya. Seperti kita ketahui pada pandemi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius.” kata Jokowi dalam keterangan resminya.

Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah yang lebih tegas agar kita bersama-sama dapat membendung penyebaran ini banyak masukan dari para menteri para ahli kesehatan dan juga para kepala daerah. Maka  dari itu saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali." tutupnya.

>>> Layanan Transjakarta Diperpendek Selama PPKM Mikro

Aturan yang Akan Dijalankan PPKM Mikro Darurat

gambar menujukan jokowi

Jokowi sahkan aturan PPKM Mikro Darurat

>>> Jangan Abai Cek Volume dan Kualitas Oli Mesin Mobil

Adapun berikut di bawah ini salinan beberapa usulan penerapan PPKM Mikro Darurat diajukan Presiden Jokowi.

1. PPKM Darurat diusulkan dilaksanakan pada 3-20 Juli 2021 dengan target penurunan penambahan kasus konfirmasi harian kurang dari 10.000 per hari.

2. Cakupan area terdapat 45 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 4 dari 75 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 3 di Pulau Jawa dan Bali.

3. Transportasi umum mulai dari kendaraan umum, taksi, hingga kendaraan sewa dan rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70% dengan menerapkan protokol kesehatan.

4. Pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi jarak jauh (pesawat, bus dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis I) dan PCR H-2 untuk pesawat serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi jarak jauh lainnya.

5. Satpol PP Pemerintah Daerah, TNI, Polri agar melakukan pengawasan yang ketat terhadap pemberlakuan pengetatan aktivitas masyarakat.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top