Makin Murah! Dealer Tetap Beri Potongan Harga Meski Ada Diskon PPnBM

06/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Meski ada diskon PPnBM 100 persen potongan harga dari dealer tetap ada. Berikut di bawah ini daftar 21 mobil yang mendapatkan diskon PPnBM.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan aturan pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan roda empat. Diskon PPnBM terbagi dalam 3 tahap, 100% di bulan Maret – Mei 2021, 50% di bulan Juni – Agustus 2021, dan terakhir 25% di bulan September – Desember 2021.

>>> Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon  PPnBM?

Gambar menunjukan Deretan mobil

Diskon tambahan dari dealer tidak dihilangkan

Diskon Tambahan dari Dealer Tidak Hilang

Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak diskon PPnBM. Kebijakan relaksasi PPnBM hanya berlaku pada model-model CKD (Completely Knock Down) dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70%. Dalam aturan ini ada 21 model yang mendapatkan stimulus penjualan mobil baru dari pemerintah, jumlah diskonnya pun bervariasi bahkan ada yang sampai puluhan juta rupiah.

Diskon ini menimbulkan tanda tanya bagi masyarakat. Bagaimana dengan diskon yang biasanya diberikan oleh dealer untuk menarik minat konsumen? Dari tujuh Agen Pemegang Merek mobil yang mendapatkan insentif, tiga diantaranya menyatakan diskon mobil dari dealer masih tetap ada. Salah satunya Vios yang mendapat diskon paling besar namun potongan harga tetap diberikan.

“Toyota Vios yang mendapatkan potongan harga dari diskon PPnBM mencapai Rp 60 juta. Untuk diskon dari dealer juga masih ada tidak dihilangkan potongan harga tambahan dari dealer mencapai Rp 8 juta. Tapi saat ini stoknya lagi susah,” kata salah satu pramuniaga diler Toyota di Tangerang Selatan kepada Cintamobil.com (9/2/2021). 

Sementara itu pramuniaga dealer Honda turut menginformasikan kepada Cintamobil bahwa SUV BRV juga mendapatkan insentif PPnBM bersama diskon tambahan dari dealer hingga Rp 10 juta. Kemudian pramuniaga dealer Suzuki juga menginformasikan menawarkan XL7 dengan tambahan diskon setelah insentif PPnBM dari dealer sebesar Rp 16 juta.

>>> Harga Mobil Toyota Terbaru Setelah Dapat PPnBM 0%

Gambar menujukan Suzuki XL7

Suzuki XL7 masuk kedalam 21 mobil yang mendapatkan diskon  PPnBM

Daftar 21 Mobil yang Mendapatkan diskon PPnBM

1. Toyota Yaris
2. Toyota Vios
3. Toyota Sienta
4. Toyota Avanza
5. Toyota Rush
6. Toyota Raize
7. Daihatsu Xenia
8. Daihatsu Luxio
9. Daihatsu Terios
10. Daihatsu Rocky
11. Daihatsu Gran Max Minibus 
12. Mitsubishi Xpander
13. Mitsubishi Xpander Cross
14. Nissan Livina
15. Honda Brio RS
16. Honda BRV
17. Honda HRV
18. Honda Mobilio
19. Suzuki New Ertiga
10. Suzuki XL7
21. Wuling Confero

>>> Keunggulan Toyota Vios, Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Terbesar

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top