Porsche Siap Kembali ke Balapan Formula 1

05/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Porsche Siap Kembali ke Balapan Formula 1
Porsche sedang mempertimbangkan untuk memasuki kompetisi balap Formula 1 jika peraturan bahan bakar elektronik ramah lingkungan diresmikan pada 2025 mendatang.

Perusahaan Jerman yang merupakan bagian dari Volkswagen Group, Porsche diketahui telah lama tertarik kembali ke ajang balapan Formula 1 sebagai pemasok mesin. Dilansir dari Autocar, Porsche disebut sedang mengembangkan mesin 1.6L berteknologi hybrid setara dengan spesifikasi F1 yang nantinya digunakan untuk hypercar yang sedang dikembangkan.

Peraturan mesin baru tahun 2025

Beberapa waktu lalu, petinggi balapan Formula 1 bersiap untuk memperkenalkan regulasi mesin baru menggunakan bahan bakar elektronik untuk musim balapan 2025. Detail teknis masih belum ditentukan Namun hal ini membuat banyak tim dan pabrikan tertarik, termasuk Porsche.

bahan bakar elektronik Porsche dengan tangki berwarna hijau
Porsche saat ini sedang mengembangkan bahan bakar elektronik

>>> Formula 1: Drive to Survive Musim Ketiga Rilis di Netflix 19 Maret

F1 telah mengungkapkan komitmennya untuk menjadikan bahan bakar elektronik sebagai bagian dari peraturan baru untuk mengurangi emisi kabon sambil tetap mempertahankan mesin pembakaran internal. Sejalan dengan minat Porsche yang sedang menggelontorkan investasi besar-besaran dalam pengembangan bahan bakar untuk mobil jalan raya berperforma tinggi di masa depan.

“Akan sangat menarik jika aspek keberlanjutan - misalnya, penerapan bahan bakar elektronik - berperan dalam hal ini,” jelas Wakil Presiden Porsche Motorsport Fritz Enzinger ketika diwawancarai oleh BBC Sport. “Jika aspek-aspek ini dikonfirmasi, kami akan mengevaluasinya secara rinci di dalam Grup Volkswagen dan membahas langkah-langkah selanjutnya,” lanjutnya.

>>> Sepatu Porsche x Nike Buat Sneakerhead Sekaligus Petrolhead Sejati

Fokus di uji ketahanan

Porsche memang tak asing lagi dengan kompetisi adu cepat. Dikenal sebagai penghasil mobil berkinerja tinggi. Porsche saat ini sedang mengikuti Kejuaraan Dunia Formula E dengan mobil bertenaga listrik. Mereka juga berkomitmen untuk memproduksi hypercar hybrid LMDh guna bersaing di Le Mans 24 Jam untuk musim 2023.

mobil balap F1 Porsche dengan pembalap Dan Gurney
Kemenangan pertama Porsche terjadi di Grand Prix Prancis tahun 1962

Porsche bisa dibilang lebih mengalihkan fokusnya ke balapan uji ketahanan. Keikutsertaan mereka di kompetisi F1 pun bisa dibilang tak begitu mulus. Kemenangan konstruktor perdana mereka kala Grand Prix Prancis tahun 1962 bersama pembalap Amerika, Dan Gurney.

Porsche kembali sebagai pemasok mesin untuk tim balap Footwork untuk kompetisi balap tahun 1991. Namun akibat serangkaian hasil yang tak terlalu memuaskan, sejak pertengahan musim tim tersebut beralih menggunakan mesin Cosworth hingga musim kompetisi berakhir.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top