Lagi, Porsche Beri Suntikan Dana ke Rimac

09/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Lagi, Porsche Beri Suntikan Dana ke Rimac
Porsche produsen mobil asal Jerman memperkuat hubungan dengan pembuat hypercar asal Kroasia Rimac dengan meningkatkan sahamnya menjadi 24 persen.

Porsche telah mengumumkan akan meningkatkan kepemilikannya di Rimac menjadi 24% atau setara peningkatan modal senilai sekitar 70 juta euro. Ini adalah suntikan dana ketiga Porsche ke perusahaan Kroasia setelah akuisisi awal 10% saham pada 2018 yang kemudian meningkat menjadi 15,5% pada 2019 silam.

>>> Nico Rosberg Jadi Orang Pertama yang Jajal Rimac Concept Two di Jalan Raya

Gambar menunjukan Rimac C_Two

Tampilan Rimac Concept Two 

Rimac Akan Tetap Independen

Meskipun mendapat dukungan yang meningkat dari pembuat mobil sport asal Jerman tersebut, Rimac mengatakan perusahaannya akan tetap menjadi bisnis yang sepenuhnya independen dan proyek serta pemegang sahamnya akan selalu terpisah sepenuhnya. Porsche sendiri sebelumnya telah berkolaborasi dengan Rimac dalam pengembangan komponen seri yang sangat inovatif dan kedua perusahaan akan memperluas hubungan kolaboratif mereka yang sudah ada.

"Porsche telah menjadi pendukung besar perusahaan kami sejak 2018 dan merupakan suatu kehormatan untuk memiliki salah satu merek mobil sport paling ikonik di dunia menjadi bagian dari Rimac. Kami bangga bekerja sama dalam produk baru yang menarik dan bertenaga listrik dan fakta bahwa kepercayaan Porsche pada Rimac menghasilkan beberapa putaran investasi," kata Mate Rimac pendiri dan CEO Rimac seperti dikutip dari media asal Inggris Autocar.

>>> Hypercar Rimac C_Two Seharga Rp 30 Miliar Dirusak untuk Uji Tabrak

Gambar menunjukan interior Rimac C_Two

Tampilan interior Rimac Concept Two

Rimac Concept Two 

Produsen mobil asal Kroasia itu sedang mempersiapkan produksi dari Rimac Concept Two yang sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19 di tahun lalu. Sejak investasi pertama Porsche pada 2018, tenaga kerja perusahaan meningkat dua kali lipat menjadi hampir 1.000 orang. Selain Porsche, perusahaan juga bekerja sama dengan sejumlah merek mobil lain, antara lain Hyundai, Kia, Aston Martin, Automobili Pininfarina, Koenigsegg, dan masih banyak lagi.

Di Inggris Rimac Concept Two akan dijual melalui grup dealer HR Owen yang berbasis di London, dalam kesepakatan yang diumumkan akhir tahun lalu. Pada saat itu, Mater Rimac mengatakan dia juga akan membuka pusat penelitian dan pengembangan di Inggiris karena dia suka bekerja dengan orang Inggris dan menganggap Inggris sebagai rumah bagi insinyur terbaik dan paling pragmatis di Eropa. 

>>> Jarang Dilihat, Seperti Inilah Proses Uji Tabrakan Hypercar dari Koenigsegg

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top