Porsche Pertimbangkan Regulasi LMDh Untuk Balap WEC-IMSA

31/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Porsche Pertimbangkan Regulasi LMDh Untuk Balap WEC-IMSA
Setelah dua tahun absen dari hingar bingar kategori tertinggi WEC, Porsche mengungkapkan ketertarikan untuk meramaikan kelas paling atas WEC dan IMSA dengan regulasi LMDh.

Merupakan salah satu pabrikan tersukses di balapan ketahanan, Porsche mundur dari kelas LMP1 pada akhir 2017, dan tak lagi berlaga di kelas tertinggi di IMSA, kejuaraan sportscar Amerika Utara, sejak projek LMP2 RS Spyder pada 2005-10.

>>> WEC rampungkan regulasi Hypercar 2020-2021

Porsche lakukan studi terhadap formula LMDh

Setelah hampir tiga tahun absen dari kategori tertinggi balapan sportcar, Porsche mengungkapkan ketertarikannya untuk meramaikan dua kelas tertinggi sekaligus, yakni WEC/IMSA LMDh. 

Mobil balap DPi yang akan jadi basis regulasi LMDh IMSA

Mobil balap LMDh IMSA akan mengambil basis dari mobil DPi

Menurut Pascal Zurlinden, Director GT Factory Motorsport, hal ini berkaitan dengan regulasi LMDh, yang sedang dipelajari Porsche di mana regulasi ini dapat mengikuti dua kategori tertinggi sekaligus, yakni FIA World Endurance Championship dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

“Anggota dewan kami, Michael Steiner (yang bertanggung jawab di divisi balap sebagai research and development director) meminta kami untuk mempelajari kemungkinan (regulasi LMDh). Porsche secara serius tertarik, namun belum ada keputusan sampai saat ini,” ujar Zurlinden seperti ditulis Motorsport.com.

Mobil balap Porsche LMP2 RS Spider 2007

Porsche terakhir mengikuti IMSA tahun 2010 dengan RS Spyder LMP2

“Sampai saat ini, regulasi LMDh belum disahkan, namun saya rasa ini hanyalah penundaan selama beberapa hari karena Autombile Club de l'Ouest (ACO) sudah mulai bekerja di rumah.”

Detail akan dirilis dalam waktu dekat, siap debut 2022

Detail lebih jelas terkait regulasi LMDh, yang mengambil basis dari kategori DPi IMSA, awalnya diumumkan pada akhir pekan double header Super Sebring, yang menghelat balapan IMSA dan WEC.

>>> Berita terbaru seputar pasar mobil dapat Anda simak di sini

Namun, baik Sebring 1.000 mil (WEC) dan Sebring 12 Hours (IMSA) dibatalkan di tengah pandemi virus corona yang memaksa pertemuan ACO dan IMSA untuk membahas finalisasi regulasi LMDh pun ditunda.

Porsche 919 Hybrid untuk musim balap 2017

Porsche merupakan salah satu pabrikan tersukses di balap sportscar

Zurlinden belum memastikan kapan Porsche kembali berlaga di kategori tertinggi WEC dan IMSA. Namun, mobil spesifikasi LMDh akan balap di WEC mulai musim 2021/22, dan musim 2022 di IMSA.

“Motorsport telah menjadi DNA Porsche, dan akan selalu seperti itu. Jika Anda lihat dari Le Mans 24 jam, Porsche menjadi satu-satunya pabrikan yang selalu menurunkan mobilnya baik itu sebagai tim pabrikan, atau tim privateer. Saat ini, saya tidak terlalu khawatir Porsche akan meninggalkan dunia balap,” simpul Zurlinden.

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik terlengkap, serta pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan semua di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Aston Martin Batalkan Proyek Balap WEC Hypercar

20/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Kabar mengejutkan datang dari dunia balap, Aston Martin memastikan tak akan turut serta pada musim debut kategori WEC Hypercar, yang akan digelar musim 2020-2021.

Lihat juga

SCG 007, Penantang Terbaru Kelas Hypercar WEC

19/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah Toyota dan Aston Martin, kini giliran Scuderia Glickenhaus memperkenalkan mobil yang akan dipakai pada musim pertama kelas Hypercar WEC 2020/2021 mendatang.

Lihat juga

Aston Martin Konfirmasi Valkyrie WEC Tak Akan Pakai Mesin Hybrid

09/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Menjadi bagian dari kategori Hypercar WEC musim 2020/2021, Aston Martin memastikan Valkyrie WEC yang akan diturunkan tidak mengadopsi konsep hybrid.

Lihat juga

Goodyear Kembali Ke WEC dan Le Mans 24 Jam

25/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Goodyear mengumumkan akan kembali berpartisipasi dalam ajang balap mobil Eropa dan Internasional dengan mengembangkan varian ban baru untuk FIA World Endurance Championship (WEC), termasuk Le Mans 24 Jam.

Lihat juga