Porsche Macan Bermesin Bensin Akan Disuntik Mati Mulai 2024

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Produsen mobil sport asal Jerman Porsche mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan menghentikan produksi Porsche Macan bertenaga bensin setelah tahun 2024 mendatang.

Porsche Macan bermesin bensin rencananya akan disuntik mati setelah tahun 2024. Keputusan ini cukup mengejutkan, pasalnya SUV tersebut merupakan salah satu andalan penjualan Porsche bertenaga internal combustion engine.

>>> Porsche Mulai Rakit Mobil di Malaysia Tahun 2022, Bakal Lebih Murah?

Gambar menunjukan Porsche Macan  S

Tampilan Porsche Macan S

Produksinya Terpaksa Dihentikan

Bos produk Porsche Macan Sebastian Staiger mengatakan bahwa langkah ini terpaksa dilakukan karena peraturan emisi. Meski berat hal ini harus dilakukan.

“Ada beberapa faktor pembatas dalam proyek kendaraan. Salah satu faktor tersebut, tentu saja, adalah undang-undang. Hukum emisi adalah faktor pembatas lainnya. Hari ini belum ada keputusan final, tapi kami asumsikan 2024 adalah tahunnya,” ungkapnya.

Nantinya Porsche Macan akan beralih ke segmen elektrifikasi dan akan menggunakan basis Premium Platform Electric (PPE) milik Volkswagen Group. Produsen mobil asal Jerman tersebut sebelumnya telah mengumumkan pada Mei bahwa mereka telah menguji EV di tempat terbuka. Nantinya saat mencapai ruang pamer, Macan bertenaga listrik akan menjalani uji coba hingga tiga juta kilometer.

>>> Porsche Taycan 2022 Dibekali Android Auto dan Bisa Parkir Sendiri

Gambar menujukan Interior Macan S

Tampilan interior Porsche Macan S

Baru Mendapatkan Facelift Juli Lalu

Karena arsitektur PPE saat ini sedang dikembangkan bersama dengan Audi, Porsche Macan harus berbagi banyak bagian dengan Audi Q6 e-tron, seperti halnya Audi e-tron GT pada dasarnya adalah Taycan dengan setelan yang berbeda.  Porsche juga mengatakan bahwa PPE akan memungkinkan jangkauan yang lebih jauh laporan sebelumnya menyebutkan 480 km dan kapasitas baterai hingga 100 kWh.

Porsche Macan sendiri belum lama ini telah mendapat facelift kedua pada bulan Juli, tiga tahun dari penyegaran pertamanya. Pada penyegaran ini, Porsche Macan menerima sejumlah ubahan termasuk bumper depan dan belakang baru, konsol tengah yang dirubah dengan kontrol sentuh datar bergaya Taycan, roda kemudi dan tuas persneling baru, dan rentang mesin yang direvisi yang lebih bertenaga.

Macan S juga dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga untuk model tahun 2022. Menghasilkan 375 hp dan kecepatan lintasan tertinggi adalah 160 mph. Macan S baru juga dilengkapi dengan teknologi baru Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai standar.

>>> Masih Suka Mencampur BBM Beda Oktan? Awas, Mesin Mobil Bisa Begini!

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top