Porsche Cayenne Turbo GT, SUV Pemegang Rekor Lap Nurburgring

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Porsche Cayenne Turbo GT adalah varian flagship dari SUV pabrikan asal Stuttgart, Jerman. Mobil ini merupakan pemegang rekor lap Nurburgring untuk SUV.

Porsche meluncurkan varian tertinggi dari SUV andalan mereka, Cayenne Turbo GT. Mobil ini lebih bertenaga dari Cayenne Turbo Coupe yang diluncurkan 2 tahun lalu.

Cayenne Turbo GT menggunakan mesin V8 4.0L twin-turbocharged yang menghasilkan tenaga 631 HP dan torsi maksimum mencapai 849 Nm. Dibanding Cayenne Turbo Coupe, mesin tersebut dibekali dengan  crankshaft, pistons, connecting rods, dan timing chain baru.

Gambar Cayenne Turbo GT

Dibekali dengan mesin V8 paling bertenaga dari Porsche

Angka tersebut mungkin lebih kecil dari varian Turbo S e-Hybrid's dengan tenaga 670 HP, tetapi mobil tersebut menggunakan bantuan motor elektrik dan baterai 14,3 kWh. Di luar bantuan tersebut, mesin dari Turbo GT adalah V8 paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh Porsche.

Bukan Hanya Mesin Bertenaga

Tenaga dan torsi mobil ini disalurkan ke keempat roda (AWD) melalui transmisi 8-percepatan Tiptronic S, berbeda dari kebanyakan mobil performa tinggi Porsche lain yang menggunakan Porsche Doppelkupplung (PDK)

Klaimnya, Cayenne Turbo GT dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,3 detik dengan kecepatan tertingginya mencapai 300 km/jam. Mendukung performa beringas tersebut, Porsche memodifikasi lagi suspensi dan sasis Turbo GT termasuk Power Steering Plus dan Rear Axle Steering.

Gambar Cayenne Turbo GT

Lebih rendah 0,3 inci dari versi biasa

>>> Porsche Cetak Rekor Nurburgring, Mercedes-AMG Beri Selamat Dengan Sindiran

Turbo GT juga 0,3 inci lebih rendah dari Turbo biasa, dan peredam adaptif Porsche, suspensi Sport, sistem kemudi rasio variabel, dan Rear Axle Steering semuanya secara khusus disetel untuk varian ini. Anti-roll bar aktif juga disetel ulang untuk lebih mengurangi body roll.

Roda depan lebih lebar 1,0 inci dibanding Turbo Coupe standar dengan camber negatif yang meningkat setengah derajat. Velg 22 inci dibalut ban Pirelli P Zero Corsa yang khusus dikembangkan untuk Turbo GT. Rem carbon-ceramic menjadi opsi standar dengan rotor depan 17,3 inci dan rotor belakang 16,1 inci.

>>> Ini 3 Gejala Yang Muncul Saat AC Mobil Anda Butuh Diservis

Memecahkan Rekor Nurburgring

Pengemudi tes Porsche Cayenne Turbo GT Coupe, Lars Kern, melakukan putaran pada sirkuit Nurburgring Nordschleife dengan catatan waktu 7 menit 38,9 detik. Capaian tersebut secara resmi mengalahkan rekor Audi RS Q8 yang mencetak waktu 7 menit 42,2 detik sekaligus menetapkan rekor baru untuk SUV.

Sebelumnya, Porsche juga telah memecahkan rekor lap mobil produksi mengalahkan Mercedes-AMG GT Black Series dengan Porsche 911 GT2 RS Manthey Racing. Kedua prestasi ini semakin memperkuat citra Porsche sebagai produsen mobil kencang.

Gambar Cayenne Turbo GT

Mobil ini berhasil memecahkan rekor Nurburgring

Porsche Cayenne Turbo GT Coupe sudah dapat dipesan dengan harga mulai $182.150 atau Rp 2,6 miliar untuk pasar Amerika Serikat. Rencananya, mobil ini akan menyapa pelanggan mulai September 2021.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top