Cintamobil TV: SUV Mewah Rasa Sportcar Seharga Rp 3 Miliar, Porsche Cayenne 2020

26/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Apa saja kelebihan dan kekurangan Porsche Cayenne 2020, SUV mewah rasa sports car? Berikut ulasannya!

Apa yang Anda rasakan ketika mengendarai SUV mewah seharga Rp 3 miliar? Hal itu tentu baru bisa diketahui saat Anda menaiki SUV yang satu ini. Yup, Porsche Cayenne 2020. Produsen supercar asal Jerman itu meluncurkan unit SUV terbarunya yang dilabeli Cayenne 2020. Sejatinya, selain Cayenne, Porsche juga telah memiliki varian SUV lain yang secara look tampil dengan wujud yang tidak jauh berbeda yakni Macan. 

Meski mirip, Porsche Cayenne 2020 memiliki sejumlah perbedaan dengan Porsche Macan salah satunya yakni bentuknya lebih panjang dan lebar ketimbang Macan. Dari sisi fitur dan teknologi, Porsche Cayenne juga memiliki beberapa keunggulan dari Porsche Macan. Secara harga, Porsche Macan memang berada di bawah Porsche Cayenne.

Tertarik untuk memiliki SUV yang dilabeli sebagai sports car untuk 5 orang ini? Tunggu dulu, sebelum Anda membeli mobil yang dibanderol dengan harga Rp 3 miliar untuk varian termurahnya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Porsche Cayenne 2020 seperti yang sudah kami rangkum berikut ini.

Desain Eksterior

Di bagian depan Porsche Cayenne memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Porsche Macan. Meski berwujud SUV tampilan sporty dan mewah ala Porsche tetaplah terasa. Yang cukup istimewa pada Porsche Cayenne 2020 ini yakni sudah dilengkapi teknologi aerodynamic di bagian grille-nya. Ketika mesin mobil mati lubang-lubang pada grille akan tertutup namun ketika mobil berjalan lubang-lubang tersebut akan terbuka dan memberikan pendinginan pada mesin dan inter-cooler nya. Lalu ketika kecepatan tinggi lubang-lubang tersebut kembali menutup untuk menambah aerodynamic agar mobil mempunya koefisien drag dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Lanjut ke lampu depan. Porsche Cayenne 2020 dilengkapi Porsche Dynamic Light System yang menggunakan lampu utama LED dengan DRL di empat titik. Kemudian mobil juga dilengkapi dengan fitur yang membuat lampu bisa menyala mengikuti ke mana setir Anda mengarah. 

>>> Porsche Cayenne Hybrid Dapat Baterai Baru

Porsche Cayenne bagian belakang

Porsche Cayenne memberikan kenyamanan dan tampilan elegan

Di bagian samping, Porsche Cayenne 2020 velg yang cukup besar yakni 20 inch. Hanya saja desain velg yang terbilang sangat biasa untuk tampilan mewah Porsche Cayenne. Karena ukurannya yang lebih besar, Porsche Cayenne mempunyai wheelbase yang lebih panjang dari Porsche Macan.

Seperti Porsche Macan, Porsche Cayenne juga memiliki konfigurasi lampu belakang yang menyambung dari tengah ke samping yang membuat tampilannya lebih futuristik dan tentu saja mewah. Untuk bagasi juga sudah memiliki fitur kick door. Selain kick door pada pintu bagasi, mobil ini juga sudah dilengkapi teknologi vacuum door di keempat pintunya yang membuat pintu bisa tertutup otomatis bila belum ditutup rapat.

Desain Interior

1. Dashboard dan Jok

Bagian yang cukup istimewa dari Porsche Cayenne dibandingkan Porsche Macan adalah interiornya. Porsche Cayenne memiliki tampilan yang lebih slick, bersih, dan elegan. Terutama di bagian head unit dan tombol-tombol di sekitar tuas persneling. Yang istimewa lagi, mobil ini juga sudah dilengkapi ambient light yang bisa diatur dengan tujuh warna berbeda sehingga menegaskan kesan mewah pada mobil. 

Bagian Interior Porsche Cayenne

Bagian interior Porsche Cayenne Turbo 2020

Lalu di bagian jok depan juga sudah full electric untuk pengaturannya. Minusnya ialah di bagian kabin depan masih terasa kurang tempat penyimpanan untuk ukuran mobil SUV. Hanya ada card holder di bagian tengah dan tempat penyimpanan tertutup di konsol tengah. Mobil ini juga sudah dilengkapi 360 camera view untuk menunjang keamanan dan keselamatan.

2. Kabin Tengah

Di bagian tengah yang cukup mencolok adalah adanya panoramic sunroof dengan ukuran yang cukup besar dan lebih besar dibandingkan milik Porsche Macan. Selain itu karena ukurannya yang memang lebih besar, bagian tengah seperti ruang kaki dan juga head room dari Porsche Cayenne terasa lebih lega ketimbang Porsche Macan. Di bagian tengah juga dilengkapi climate control  four zone untuk mengatur kenyamanan suhu. Lalu ada dua slot USB dan lighter untuk menyalakan rokok.

bagian interior mobil porsche

Interior Porsche Cayenne Turbo S-E Hybrid Coupe 2020

Mobil ini juga dilengkapi dengan sound system bose dengan 10 speaker yang outputnya mencapai 150 watt untuk versi Porsche Cayenne basic atau yang termurah. Hal lain yang tidak ditemukan pada Porsche Macan adalah fitur tirai elektris pada jendela yang bisa diatur melalui tombol power window. 

Performa Mesin dan Berkendara

Salah satu perbedaan mencolok dari Porsche Cayenne dan Porsche Macan adalah di bagian performa dan mesin. Untuk Porsche Cayenne 2020 ini jelas memiliki kapasitas dan tenaga yang lebih besar. Antara lain mesin V6 3000 cc yang bisa menghasilkan tenaga 340 HP dengan Torsi 450 Nm untuk versi termurah di Porsche Cayenne.

Mobil Porsche Warna Silver

Porsche dikenal dengan tenaga dan rasa berkendara yang mengesankan

Dari sisi akselerasi, untuk ukuran mobil yang cukup berat dan tenaga yang besar, Porsche Cayenne 2020 dapat berakselerasi dari 0-100 Km dalam waktu 6,2 detik. Itu dilakukan tanpa fitur performance start atau launch control. Sedangkan ketika menggunakan fitur performance start akselerasinya bisa mencapai 5,6 detik untuk 0-100 Km.

Untuk konsumsi bahan bakar, di rute dalam kota dengan rata-rata kecepatan 22 Km/jam, mobil ini menghabiskan 7,8 Km/liter. Sedangkan di rute jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 Km/jam menghabiskan 16,5 Km/liter. Bukan yang paling irit namun juga bukan yang terboros di kelasnya. Selain itu pada mobil ini juga tersedia empat mode berkendara seperti halnya Porsche Macan yakni mode normal, mode sport, mode sport plus, dan mode individual. Tidak ada mode Eco. Mobil ini juga bisa melaju dengan nyaman di jalan yang berkontur buruk.

Porsche Cayenne Turbo

Porsche Cayenne menghadirkan tenaga listrik yang rendah emisi

Tak lupa fitur andalan dari Porsche yakni tombol sport response. Jadi ketika Anda membutuhkan performa maksimal cukup dengan menekan tombol di bagian tengah setir dan Anda akan diberikan waktu selama 20 detik dan mobil langsung meningkatkan performanya. Dengan adanya fitur tersebut dipastikan Anda akan merasakan kenyamanan berkendara SUV dengan sensasi ala sportcar. Sayangnya untuk fitur keselamatannya terbilang cukup standar untuk mobil dengan harga yang mencapai Rp3 miliar. 

Itulah kelebihan dan kekurangan dari SUV mewah Porsche Cayenne 2020. SUV mewah yang satu ini menawarkan kenyamanan yang tinggi dengan performa yang cukup baik sehingga masih sangat cocok bila digunakan untuk keperluan sehari-hari.

>>> Porsche Taycan Kini Bisa Disewa, Tarifnya Mulai Rp 4 Jutaan

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top