Satu-Satunya Porsche Carrera GT-R ini Dijual, Harga Rp 14 Miliar

31/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Satu-Satunya Porsche Carrera GT-R ini Dijual, Harga Rp 14 Miliar
Sedang mencari sportscar untuk dikoleksi? Sebuah Porsche Carrera GT-R yang cuma ada satu di seluruh dunia ini bisa jadi opsi menarik dengan harga Rp 14 miliar.

Supercar ini dianggap sebagai mobil analog proper terakhir, beberapa orang mengenal mobil ini dengan deru mesin yang sangat merdu, desainnya juga sangat ikonik dengan memadukan Coupe dan Convertible dengan atap targa yang bisa dilepas.

Ya, kita membahas soal Porsche Carrera GT, namun mobil yang kita bahas di sini bukanlah versi standar dari Sportscar mid-engine V10 asal Stuttgart yang rilis antara tahun 2003 sampai 2007 ini.

>>> Porsche Balik Ramaikan Kategori WEC Prototype, Adopsi Regulasi LMDh

Bukan konversi resmi Porsche, Cuma ada satu di seluruh dunia

Dari 1.270 unit yang diproduksi selama 4 tahun, mobil satu ini merupakan satu-satunya Porsche Carrera GT-R yang pernah dibuat. Tidak dikonversi langsung oleh Porsche memang, melainkan oleh GPR Racing  namun tidak mengubah statusnya sebagai mobil road-legal.

Tampilan belakang Porsche Carrera GT-R

Sang pemilik memodifikasi Carrera GT miliknya jadi seperti mobil balap Endurance

Jadi, pemilik mobil ini, yang asli Belgia, membeli sebuah Carrera GT standar tahun 2005, dan menghabiskan budget sampai $270.000 (setara Rp 3,8 miliar) untuk diupgrade menjadi Porsche Carrera GT-R.

Modifikasi yang diaplikasikan mobil ini cukup ektensif selayaknya mobil balap GT1, mulai dari rem balap AP Racing, ECU spesifikasi balap dari Motec, sistem kopling performa tinggi, sampai komponen kaki-kaki seperti wishbone dan push rod yang dibuat khusus.

Velgnya memakai merk BBS dengan material titanium, dan mengadopsi air jack system yang biasa dipakai mobil balap Endurance. Tentu tak lupa interior yang dipreteli dan instalasi roll cage, penggantian pedal, dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

Kabin Porsche Carrera GT-R

Kabin mobil juga dibuat seperti mobil balap dengan weight reduction dan roll cage

Soal tampilan, Carrera GT-R ini tampil layaknya Porsche 911 GT1-98, mobil berbasis jalanan terakhir yang memenangi Le Mans 24 jam 1998 dengan trio Laurent Aiello, Allan McNish, dan Stephane Ortelli.

>>> LeBron James Ternyata Punya Porsche 918 Spyder Hybrid

Lahir dari projek LMP2000 yang batal

Sebenarnya, si empunya mobil ingin menggunakan Carrera GT-R miliknya di ajang World Endurance Championship, namun hal tersebut batal karena terhalang regulasi FIA.

Berbicara soal regulasi FIA, Porsche Carrera GT juga lahir dari proyek mobil balap LMP2000, mobil balap dengan kode “9R3” yang didevelop untuk berlomba di Le Mans tahun 1998.

Mobil balap prototype Porsche LMP 2000

Carrera GT lahir dari proyek mobil balap LMP2000 yang batal di tengah jalan

Namun, proyek mobil balap tersebut berhenti di tengah jalan untuk memberi jalan ke Audi R8 yang mendominasi WEC dan Le Mans di tahun 2000an awal. Sebagai gantinya, proyek tersebut berubah jadi development mobil jalanan Carrera GT dengan mesin V10 dari LMP2000.

Mesin V10 5.7L yang dipakai Porsche Carrera GT-R

Mesin V10 Carrera GT-R ditune sampai menghasilkan tenaga 650 HP

Porsche Carrera GT-R ini diposting oleh Mechatronik, dan dijual sebagai sebuah supercar track-ready dengan tenaga 650 HP dari mesin V10 5.7L NA, lebih besar 38 HP dibandingkan Carrera GT dengan tenaga 612 HP. Lebih jauh, situs ini juga mengatakan bahwa Carrera GT-R ini baru saja diservis, dan baru saja berjalan sejauh 2.000 km.

Soal harga, pembeli meminta tebusan sebesar $1,04 juta (setara Rp 14,2 miliar) untuk membeli Porsche Carrera GT-R yang cuma ada satu di seluruh dunia.

>>> Jangan lewatkan berita otomotif lain yang tak kalah menariknya di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Lampu Depan Mobil Porsche Bisa Dibuka dengan Mudah, Begini Caranya

17/12/2020

Perawatan dan service

2 menit

Dibandingkan mobil dari pabrikan lain, ternyata lampu depan mobil Porsche bisa dilepas dengan cara yang cukup mudah. Penasaran? Ternyata begini caranya.

Lihat juga

Karakter Keanu Reeves Kendarai Porsche 911 1977 di Game Cyberpunk 2077

16/10/2020

Pasar mobil

3 menit

CD Projekt Red dan Porsche merilis mobil yang bisa dimainkan dalam game Cyberpunk 2077, termasuk Porsche 911 1977 milik karakter yang diperankan Keanu Reeves.

Lihat juga

Porsche Segarkan Mobil Balap 911 GT3 Cup, Debut 2021

08/12/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah varian RSR yang lebih dulu diupdate, Porsche menyiapkan mobil balap 911 GT3 Cup yang berbasis generasi 992, dan akan memulai debut kompetitifnya mulai musim 2021.

Lihat juga

Pemilik Porsche Taycan Ini Komplain Karena Kesulitan Isi Daya Baterai

01/12/2020

Pasar mobil

5 menit

Pemilik Porsche Taycan ini mengaku kesulitan saat hendak mengisi ulang daya baterai mobilnya itu. Karena ternyata tidak bisa pakai sembarang alat pengisi daya listrik, ditambahlagi sejumlah charging station yang ditemuinya ternyata sudah tak berfungsi.

Lihat juga

Porsche Taycan Catat Rekor Drifting Terpanjang Menggunakan Mobil Listrik

24/11/2020

Event - Promosi

5 menit

Porsche Taycan baru saja membawa rekor dunia baru setelah berhasil melakukan drifing sejauh lebih dari 42 kilometer. Bahkan Taycan mengalahkan rekor sebelumnya yang ditorehkan menggunakan BMW M5.

Lihat juga
 
back to top