Porsche Mulai Rakit Mobil di Malaysia Tahun 2022, Bakal Lebih Murah?

09/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Porsche akan membuka perakitan mobil-mobil mereka di Malaysia mulai tahun depan. Pabrikan asal Jerman ini berharap untuk memperkuat mereknya di Asia Tenggara.

Tak bisa dipungkiri bahwa wilayah Asia Tenggara merupakan salah satu pasar mobil terbesar bagi para pabrikan otomotif di seluruh dunia. Beberapa pabrikan sudah mulai melakukan investasi di beberapa negara di Asia Tenggara dalam bentuk pembangunan komplek perakitan mobil-mobil mereka.

Sebut saja Hyundai yang sedang membangun megapabrik di Jawa Barat dan beberapa pabrikan otomotif asal Tiongkok seperti Great Wall Motors yang membangun pabrik perakitan di Thailand.

Kini, giliran Porsche yang hendak melebarkan sayap di pasar yang sangat potensial ini dengan membangun operasi perakitan CKD (Completely Knocked Down) pertama mereka di Malaysia.

>>> Porsche Bikin MPV Unik, Kursi Sopirnya di Tengah!

Gambar Porsche Malaysia

Malaysia dinilai menjadi Negara yang tepat untuk pabrikan asal Jerman ini mengembangkan sayapnya di Asia Tenggara

Mulai Dirakit dan Dipasarkan Tahun Depan

Perakitan lokal tersebut dilakukan dengan menggandeng Sime Darby Auto Performance (SDAP) yang merupakan adalah distributor resmi Porsche di Malaysia.

Saat ini, komplek perakitan mobil SDAP yang berlokasi di Kulim, Kedah merakit mobil-mobil lain seperti BMW, Hyundai, Mazda, dan MINI. Komplek perakitan tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 38 ribu unit per tahun.

Memang Porsche tidak kekurangan pabrik untuk memenuhi permintaan para konsumennya yang semakin meningkat meski terhalang oleh pandemi. Namun, aksi ini merupakan sebuah langkah strategis untuk mengembangkan potensi pangsa pasar perusahaan.

Gambar Pabrik SDAP

SDAP sudah berpengalaman dalam merakit mobil-mobil premium

"Kami beruntung bahwa dengan perencanaan yang matang, pabrik-pabrik kami saat ini mampu memenuhi permintaan global saat ini dan di masa depan. Namun, lokasi perakitan baru di Malaysia akan memenuhi kebutuhan pasar yang spesifik," ungkap Albrecht Reimold, Anggota Dewan Eksekutif Porsche bidang produksi dan logistik.

Reimold menambahkan bahwa proyek ini sifatnya mandiri dan memiliki kapasitas yang kecil, namun ini menunjukkan keseriusan mereka untuk masuk dan beradaptasi ke pasar otomotif Asia Tenggara. Ia juga menyebutkan bahwa Malaysia dan Asia Tenggara merupakan pasar dengan potensi yang besar.

>>> Gandeng Distributor Baru, Suzuki Kembali ke Malaysia Setelah 5 Tahun

Di kesempatan yang sama Detlev von Platen, Anggota Dewan Eksekutif Porsche bidang penjualan dan pemasaran menyebutkan bahwa pasar ini memegang peranan penting dalam era mobilitas baru yang sedang berlangsung saat ini.

Model Apa Yang Dirakit di Malaysia?

Gambar Porsche Macan

Macan jadi salah satu model yang akan dirakit di Malaysia

Sayangnya, Porsche tidak menyebutkan model mana saja yang dirakit secara CKD di Malaysia. Kita bisa menyingkirkan seluruh jajaran produk GT Porsche karena mobil-mobil tersebut akan tetap diproduksi di Weissach, Jerman.

Mereka hanya menyatakan bahwa produk rakitan Malaysia adalah model yang akan cocok dengan kebutuhan konsumen di Malaysia dan Asia Tenggara. Berdasarkan pernyataan tersebut, artinya Porsche Macan dan Cayenne kemungkinan jadi dua model yang dirakit oleh SDAP.

Namun, tidak menutup kemungkinan jajaran mobil sport mereka seperti Porsche Cayman dan Porsche Boxster akan dirakit lokal di Negeri Jiran. Apakah ini tandanya mobil-mobil mereka akan lebih terjangkau di Indonesia mulai tahun depan?

>>> Porsche Taycan 2022 Dibekali Android Auto dan Bisa Parkir Sendiri

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top