Porsche 911 dari Madmax Race Team Siap Pecahkan Rekor ‘Mobil Tercepat di Pasir’

02/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Porsche 911 dari Madmax Race Team Siap Pecahkan Rekor ‘Mobil Tercepat di Pasir’
Bertepatan satu tahun setelah penetapan rekor ‘sepeda motor tercepat di pasir’, Porsche 911 yang dikembangkan oleh Madmax Race Team siap untuk memecahkan rekor ‘mobil tercepat di pasir’.

Rekor kecepatan selalu menjadi tantangan tersendiri oleh umat manusia, bahkan sejak pertama kali mobilitas menggunakan roda ditemukan. Setelah rekor kecepatan darat pertama dibuat pada tahun 1898 di Prancis, 12 tahun setelah Karl Benz mematenkan mobil pertama mesin pembakaran internal, 121 tahun setelahnya Porsche 911 yang dimodifikasi siap menjadi mobil tercepat di pasir.

Porsche 911 berwarna hitam milik Madmax Race Team

Porsche 911 milik Madmax Race Team yang akan menguji kecepatan di pasir

Sebelumnya, pemegang rekor saat ini untuk kendaraan tercepat di darat adalah Andy Green ketika mengendarai ThrustSSC. Kecepatannya? 1.228 km/jam. Green saat ini sedang mempersiapkan untuk mencetak rekor lain. Tapi kali ini, mantan pilot angkatan udara tersebut akan memecahkan penghalang 1.000 mph (1600 km/jam) dengan Bloodhound SSC.

>>> Ini Dia Daftar Supercar Paling Sering di-Googling Petrolhead

Hal berbeda akan dilakukan oleh Porsche 911 di Inggris. Zef Eisenberg dan tim balap Madmax-nya memang tidak se-ambisius Bloodhound SSC, tetapi cukup menantang. Mereka mencoba untuk memacu Porsche 911 mencapai 322 km/jam di atas pasir menggunakan mesin berkekuatan 1.200 daya kuda Porsche 911 Turbo S yang bisa dibawa ke jalan.

Untuk mencatatkan rekor baru, Madmax Race Team membuat sendiri mesin 4.2 liter Porsche dengan internal yang lebih kuat, mesin turbo yang ditingkatkan, sistem bahan bakar E85 yang baru, pengaturan pendinginan canggih, dan lebih banyak lagi. Hasilnya memberikan tenaga 1.200 daya kuda pada mesin dan sekitar 1.000 daya kuda di roda.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Porsche Turbo S berwarna putih

Porsche Turbo S yang menjadi basis mobil milik Eisenberg dan tim balapnya

Untuk mengatasi keluaran ekstrim tersebut, girboks dan kopling mendapatkan peningkatan secara ekstensif. Sedangkan rem dan suspensi dimodifikasi untuk memungkinkan penggunaan berbagai roda dan ban. Di bagian dalam, kabin 911 Turbo S tetap dibuat standar dengan kursi bucket serta safety harness.

Persiapan saat ini sedang dilakukan. Namun kita harus menunggu beberapa saat lagi sebelum Porsche 911 yang sudah dimodifikasi memecahkan rekor terbarunya. Upaya pemecahan rekor Eisenberg akan terjadi pada akhir pekan, tanggal 6-7 April mendatang.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top