Porsche 718 Spyder RS Jadi Puncak Keluarga Mid-Engined

14/05/2023

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Porsche 718 Spyder RS Jadi Puncak Keluarga Mid-Engined
Tiga puluh tahun setelah perkenalan mobil konsep Boxster, Porsche meluncurkan versi terkuat dari roadster mid-engined yang popular: Porsche 718 Spyder RS baru.

Untuk pertama kalinya, Porsche menyematkan mesin high-revving naturally aspirated dari 911 GT3 yang digunakan pada mobil sport mid-engined di mobil terbarunya, Porsche 718 Spyder RS.

Porsche telah memuncaki model 718 mid-engined dengan mobil sport yang dirancang untuk pengalaman mengemudi maksimum: Porsche 718 Spyder RS baru adalah pendamping dengan atap terbuka dari 718 Cayman GT4 RS. DAn lagi-lagi, untuk pertama kalinya, mesin boxer enam silinder alami yang berdaya 368 kW (500 PS) dari 911 GT3 muncul pada mobil sport mesin mid-engined.

Bodi belakang 718 Spyder RS tampak macho dengan banyak lekukan khas Porsche
Bodi belakang 718 Spyder RS tampak macho dengan banyak lekukan khas Porsche

Unit daya ringan yang sama dengan desain revving tinggi juga menggerakkan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup. Atap soft-top manual yang sangat ringan dan sederhana pada 718 Spyder RS membuat suara mesin yang sangat membangkitkan menjadi pengalaman yang lebih memikat. Efek ini ditingkatkan oleh sistem knalpot sport stainless steel ringan dan saluran masuk udara yang khas di sisi belakang sandaran kepala.

>>> Pilih mobil baru dan mobil bekas terbaik hanya di sini

Mesin Revving Tinggi dan Konstruksi yang Ringan

Powertrain pada Porsche 718 Spyder RS baru identik dengan 718 Cayman GT4 RS coupe. Mesin boxer enam silinder dengan volume silinder 4,0 liter ini berputar hingga 9.000 rpm dan menghasilkan output 368 kW (500 PS) dan torsi maksimum 450 Newton meter.

Dipadukan dengan transmisi PDK tujuh percepatan dengan rasio pendek, mesin enam silinder ini meluncurkan roadster dua tempat duduk dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik. Mobil ini mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 10,9 detik.

Dibandingkan dengan 718 Spyder tanpa sebutan 'RS', mobil baru ini tidak hanya mendapat keuntungan dari tambahan 59 kW (80 PS), tetapi juga mempercepat akselerasi hingga 100 km/jam setengah detik lebih cepat.

Kecepatan maksimum sekarang adalah 308 km/jam daripada 300 km/jam. Seperti setiap model RS modern, Porsche 718 Spyder RS baru tersedia secara eksklusif dengan transmisi dual clutch (PDK) Porsche.

Tampak samping Porsche 718 RS
Tampak samping Porsche 718 Spyder RS

Gearbox ini berpindah gigi dengan kecepatan kilat dan menjamin performa maksimum. Paddle shift memungkinkan pengemudi untuk tetap menggenggam kemudi bahkan saat beralih gigi secara manual. Sebagai alternatif, pengemudi dapat menggunakan selector lever yang dirancang ergonomis pada konsol tengah.

Selain mesin yang lebih bertenaga, bobot yang lebih ringan pada model baru juga berkontribusi pada performa yang lebih baik: dengan bobot 1.410 kilogram, Spyder RS lebih ringan 40 kg daripada 718 Spyder dengan PDK dan sebenarnya lima kilogram lebih ringan dari Cayman GT4 RS tertutup 718. Spyder RS merupakan puncak tertinggi dari model yang dimulai pada tahun 2016.

>>> Porsche 911 Dakar 2023 Tampil Klasik ala 70-an

Aerodinamika seimbang

Bagian depan dari Porsche 718 Spyder RS hampir identik dengan 718 Cayman GT4 RS. Bonnet depan standar terbuat dari CFRP dan dilengkapi dengan lubang udara lebar di atas bumper. Dua duct NACA meningkatkan pendinginan rem tanpa mempengaruhi nilai Cd. Sideblade di ujung luar bumper meningkatkan downforce.

Tampak samping Porsche 718 RS
Keseimbangan aerodinamis pastikan stabilitas maksimal

Bibir spoiler depan sedikit lebih pendek dari pada 718 Cayman GT4 RS, yang dalam kombinasi dengan sayap belakangnya yang besar menghasilkan downforce keseluruhan yang lebih tinggi pada Cayman dan karena itu membutuhkan bibir spoiler yang lebih besar untuk mencapai keseimbangan aerodinamis. Alih-alih sayap, 718 Spyder RS memiliki tepian yang mencolok berbentuk ducktail.

Semua komponen aerodinamika diatur secara rumit. Mereka mempertahankan keseimbangan aerodinamis mobil dan memastikan stabilitas mengemudi maksimum pada kecepatan tinggi.

>>> Porsche 963: Modal Boleh Hemat, Tetapi Target Tetap Maksimal

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top