Polri Perpanjang Operasi Ketupat 2020 Menjadi 37 Hari

22/05/2020

Pasar mobil
Share this post:
Polri Perpanjang Operasi Ketupat 2020 Menjadi 37 Hari
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengumumkan perpanjangan Operasi Ketupat 2020 dari rencana semula hanya 16 hari menjadi 37 hari, berlaku di seluruh Jawa

Operasi Ketupat 2020 atau Operasi Ketupat COVID-19 digelar Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sejak 24 April 2020 atau 1 Ramadhan 1441 H. Operasi ini juga bertepatan dengan pemberlakukan larangan mudik lebaran yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo.

Operasi diperpanjang

Kini operasi tersebut diperpanjang masa berlakunya menjadi 37 hari, dari yang semula direncanakan selama 16 hari dan berlaku di seluruh wilayah hukum kepolisian di Pulau Jawa.

“Ya, diperpanjang sampai 37 hari, berlaku untuk Polda Metro, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur,” kata Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, di Jakarta, seperti dirilis NTMC Polri, (19/5/2020).

>>> Operasi Ketupat Berhasil Tekan Laju Kendaraan Pemudik

Foto menunjukkan pemeriksaan kendaraan oleh petugas kepolisian

Pengawasan dan pemeriksaan makin ditingkatkan seiring makin dekatnya lebaran

Disebutkan oleh Brigjen Argo, Polri menyiapkan sebanyak 172.038 personel guna mendukung operasi ini. Selain itu juga disiapkan sebanyak 56 Pos Penyekatan yang meliputi Polda Metro 18, Jabar 17, Banten 6, Jateng 5, DIY 2, Jatim 8, dengan sasaran prioritas larangan mudik serta beragam pelanggaran PSBB yang dilakukan pengendara di zona PSBB.

“Dalam operasi ini, kami mengupayakan cara preventif, humanis melalui imbauan, teguran dalam upaya pencegahan mudik,” ujar mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut.

Optimalkan satgas bantuan lain

Tidak hanya penyekatan, dalam Operasi Ketupat 2020 juga dioptimalkan satgas-satgas bantuan operasi yang lain seperti Satgas Antisipasi Terorisme, Satgas Pangan, Satgas BBM, dan Satgas Anti Hoax. Seluruhnya telah menjalankan tugasnya masing-masing.

  • Satgas Antisipasi Terorisme selama bulan Maret 2020 sampai sekarang telah melakukan penangkapan sebanyak 49 tersangka terorisme.
  • Satgas Pangan Polri periode tahun 2020 telah melakukan penegakan hukum sebanyak 17 perkara
  • Satgas BBM secara intens bekerja sama dengan Pertamina dan BP Migas, dan
  • Satgas Anti Hoax sampai sekarang telah dilakukan penegakan hukum sebanyak 104 perkara.

Di momen lebaran kali ini disarankan masyarakat untuk tetap mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan protokol kesehatan mengingat pandemi virus Corona (COVID-19) masih berlangsung.

>>> Lebaran Tetap Seru Walau #DiRumahAja ala Asuransi Astra

Foto menunjukkan seorang polisi melakukan penjagaan lalu lintas

PSBB belum selesai, penjagaan berlanjut

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Fatchur Sag
Share this post:

Berita lain

Selama 37 Hari, Ditlantas Polda Metro Jaya Catat 70.448 Pelanggar PSBB

20/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Ditlantas Polda Metro Jaya melaporkan telah berhasil menindak sebanyak 70.448 pelanggar PSBB dalam 37 hari berlakukan aturan tersebut di wilayah DKI Jakarta.

Lihat juga

Skenario Jasa Marga Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Tol Metropolitan

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Mengantisipasi antrean dan kepadatan Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian mempersiapkan sejumlah skenario lalu lintas di jalan tol metropolitan.

Lihat juga

Kesiapan Jasa Marga Metropolitan Sambut Lebaran 2020

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad, PT Jasa Marga memastikan kesiapan jalan tol terus dilakukan guna menyambut Lebaran 2020 yang sebentar lagi tiba.

Lihat juga