Polisi: Tidak Boleh Memasang Stiker Di Pelat Nomor Kendaraan

27/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Polisi: Tidak Boleh Memasang Stiker Di Pelat Nomor Kendaraan
Ada satu hal kurang baik kadang dilakukan pemilik kendaraan bermotor, yaitu suka memasang stiker di pelat nomor kendaraan.

Gambar stiker di pelat nomor kendaraan

Sebaiknya jangan memasang stiker pada pelat nomor

Mungkin niatan mereka untuk hal lain bukan niatan mereka sengaja menutupi tulisan pelat nomor seperti buat kenangan atau yang lain, tapi tetap saja hal tersebut tidak dibenarkan.

Pelat nomor kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor harus terlihat jelas, tidak boleh terhalang apapun seperti stiker, kertas, kain atau yang lain.

"Nggak boleh. TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) itu harus sesuai dengan spek dari polisi, polos tidak ada stikernya tidak menutupi pelat nomor," tutur Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada salah satu media, Rabu (25/7/2018).

>>> Plat Nomor Indonesia Membuat Polisi Lokal Prancis Kebingungan

Gambar mobil keren Lamborghini dengan pelat nomor bersih

Pelat nomor kendaraan bermotor harus terlihat jelas oleh pengguna jalan lain

Kanit Polres Jakbar AKP Beddy juga menuturkan hal senada dengan AKBP Budiyanto. Menurut AKP Beddy, memasang stiker di pelat nomor kendaraan atau di covernya sehingga menutupi tulisan yang tertera di pelat nomor tidak dibenarkan.

"Tidak diperbolehkan. Takutnya nanti kalau terjadi kecelakaan, stiker itu bisa menutupi atau menghalangi pelat nomor kendaraan yang dimaksud," kata Beddy.

>>> Penurunan Jumlah Kecelakaan, Mudik Lebaran 2018 Lebih Aman dan Lancar

Polisi sedang memeriksa pelat nomor kendaraan

Kendaraan dengan pelat nomor unik seringkali memancing petugas untuk melakukan pemeriksaan

>>> Dapatkan panduan berita lalu lintas terbaru hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top