Polisi Targetkan Tilang Elektronik Berlaku Maret 2021 di 19 Provinsi

31/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Kebijakan baru bakal diberlakukan Kapolri baru di awal masa kerjanya. Yaitu tilang elektronik di 19 provinsi di Indonesia yang pada Maret 2021 mendatang.

Kapolri baru Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., membuat rencana besar di awal masa kerjanya, terkait dengan lalu lintas. Mulai Maret 2021 mendatang tilang elektronik bakal diberlakukan di 19 provinsi di Indonesia.

“Target kita pada program 100 hari bapak Kapolri, ada sekitar 19 Polda yang akan kita lakukan (menerapkan kamera ETLE). tutur Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, dikutip dari TribrataNews Polri, (30/01/2021).

Untuk penerapannya sendiri dilakukan secara bertahap meningkat saat ini baru sebanyak 5 Polda dan beberapa Polres jajaran yang dinyatakan siap.

“Di tahap pertama ini, rencananya akan kita launching di bulan Maret (2021), yang sudah siap antara lain ada lima polda dan beberapa polres jajaran,” kata Kakorlantas. “Secara bertahap dan terus-menerus hingga semuanya di 34 kota provinsi ini terpasang, dengan demikian penindakan hukum kita, nanti otomatis berbasis IT dengan ETLE ini,” sambungnya.

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang ETLE Pakai Aplikasi Waze

Foto menunjukkan Kakorlantas Polri Irjen Istiono

Polisi bakal memaksimalkan tilang elektronik

Hapus tilang langsung

Sebagaimana diketahui, Kapolri bakal memaksimalkan tilang elektronik dalam ‘menindak’ pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor. Seiring dengan itu, penindakan tilang langsung oleh petugas bakal dihapus. Alasannya untuk mengurangi penyimpangan yang dilakukan petugas di lapangan saat proses tilang berlangsung.

“Kemudian, khusus di bidang lalu lintas. Penindakan pelanggaran lalu lintas, secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut ETLE,” kata Sigit saat uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi III DPR RI, pada Rabu (20/1/2021) atau sebelum dilantik menjadi Kapolri. “Yang bertujuan untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut.” sambungnya.

Adapun Polisi Lalu Lintas (Polantas) di lapangan tetap akan menjalankan tugasnya, namun fokus pada pengaturan lalu lintas.

"Kedepan diharapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalu lintas yang sedang macet, tidak perlu menilang." jelasnya lagi.

Tilang Elektronik

Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sendiri merupakan terobosan yang belum lama diterapkan di Indonesia. Di Jakarta tilang berlaku mulai 1 November 2018 dengan hanya 12 titik di Jalan Medan Merdeka Barat-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kemudian kota-kota besar yang lain menyusul seperti Makassar, Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan Depok Jawa Barat.

>>> Daftar Kota Yang Telah Dilengkapi Tilang Elektronik

Foto menunjukkan kondisi lalu lintas diawasi kamera ETLE

Penggunaan kamera ETLE untuk memantau arus lalu lintas bakal diperluas

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top