Polisi Siapkan Layanan Perbaikan Surat Kendaraan Rusak karena Banjir

22/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Surat kendaraan rusak karena banjir, Ditlantas Polda Metro Jaya sediakan posko pelayanan khusus. Layanan tersebut dihadirkan untuk memudahkan masyarakat.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana memberikan kemudahan penggantian Surat Kendaraan Rusak karena banjir. Nantinya tentu pemilik kendaraan dapat langsung mengurus ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Satpas) terdekat.

>>> BMW Astra Siap Evakuasi Kendaraan Terkena Banjir Jakarta

Gambar menunjukan Surat kendaraan

STNK rusak akibat banjir bisa diurus

Layanan untuk Memudahkan Masyarakat

Hal itu dibenarkan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Nantinya, posko pelayanan pengurusan dibuka pada masing-masing Samsat untuk memudahkan masyarakat untuk pengurusan STNK rusak akibat banjir.

“Iya benar, saat ini memang kami sedang siapkan proses dan alurnya,” kata Kombes Sambodo seperti dikutip dari laman TMC Polri (21/2/2021).

Kombes Sambodo menambahkan bahwa persyaratan yang perlu dilengkapi untuk pengurusan STNK rusak akibat banjir, yaitu melampirkan dokumen yang rusak, baik STNK, BPKB serta KTP asli pemilik. Sementara untuk persyaratan penerbitan STNK hilang agar melaporkan kepada Polsek atau Polres terdekat untuk mendapatkan surat keterangan hilang. Persyaratan tersebut selanjutnya dilampirkan untuk pengurusan penerbitan STNK hilang dilengkapi KTP pemilik kendaraan, fotokopi STNK hilang dan BPKB asli.

>>> Banjir Jakarta Kala Weekend Bikin Bengkel Resmi Boncos!

Gambar menunjukan Banjir Jakarta

Prediksi hujan lebat diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia

Hujan Diprediksi Terjadi di Jakarta

Banjir kembali menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat 19 hingga 21 Februari 2021. Meski kini banjir sudah mulai surut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan  hujan lebat pada Senin 22 Februari 2021.

“Berlaku 22 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 23 Februari 2021 pukul 07.00 WIB,” info BMKG dalam laman resminya (21/2).

Selain Jakarta, prediksi hujan lebat juga diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah lain di Indonesia. Setidaknya ada 10 wilayah yang diprediksi BMKG hujan lebat dan berpotensi banjir. Adapun 10 wilayah itu di bawah ini.

1. Jawa Tengah status siaga

2. Jawa Timur status siaga

3. Bali dengan siaga

4. Sulawesi Tengah status siaga

5. Sulawesi Selatan status siaga

6. Aceh status waspada

7. Sumatera Utara status waspada

8. Sumatera Barat status waspada

9. Sumatera Selatan status waspada

10. Jambi status waspada

>>> Jalan Kaligawe Sering Banjir, Ini Jalur Alternatif Semarang-Demak

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top