Polisi Pastikan Ganjil Genap Berlaku di HUT RI 17 Agustus

16/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ditlantas Polda Metro Jaya memastikan sistem ganjil genap berlaku di HUT RI ke 76, Selasa (17/8/2021) meskipun ganjil genap saat ini belum jelas kelanjutannya.

Sistem ganjil genap di Jakarta berakhir hari ini, Senin (16/8/2021) dan belum jelas kelanjutannya. Meski demikian, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal memberlakukan pembatasan kendaraan tersebut Hari Ulang Tahun / HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021).

"(Besok) ganjil genap tetap berlaku," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di depan Gerbang Gedung MPR-DPR, Jalan Gatot Subroto, Senin (16/8/2021).

Gunakan Diskresi

Alasan diterapkannya ganjil genap ganjil genap 17 Agustus adalah untuk pengamanan. Polisi bakal melakukannya menggunakan diskresi. Pengaturan lalu lintas dan pengamanan diperketat, khususnya kepada tamu undangan yang akan menghadiri peringatan HUT RI di Istana Merdeka.

>>> Kelanjutan Ganjil Genap di Jakarta Menunggu PPKM Jawa Bali

Foto Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Polisi berlakukan ganjil genap di HUT RI ke-76

"Jalur seputar Istana Merdeka kamin tutup mulai dari Harmoni, Veteran Tiga kemudian Gambir yang ke arah Istana dan Patung Kuda Senayan. Kami sterilkan supaya tidak mengganggu jalannya upacara kenegaraan.” kata Kombes Sambodo.

"Kepada para tamu undangan yang hadir di Istana Negara besok, baik pada saat kenaikan bendera dan penurunan bendera acara sorenya, apabila mempunyai kartu undangan silahkan tunjukkan kepada petugas supaya bisa melewati ganjil genap," jelasnya.

Ganjil Genap

Sebagaimana diketahui ganjil genap di Jakarta diberlakukan mulai Kamis, (12/8/2021) hingga Senin, (16/8/2021). Tidak ada lagi penyekatan jalan, kendaraan yang lewat dibatasi yang memiliki plat nomor sesuai hari.

Kebijakan ini berlaku di 8 titik ruas jalan dan berlaku untuk seluruh kendaraan roda empat, mengecualikan kendaraan-kendaraan jenis tertentu.

Terkait kelanjutan ganjil genap, Ditlantas Polda Metro Jaya menunggu pengumuman Pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali.

"Diperpanjang atau tidak masih menunggu keputusan pemerintah. Karena nanti akan melibatkan beberapa pihak sebelum diputuskan," tutur Kombes Sambodo.

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Foto polisi berjaga di titik Pembatasan ganjil genap

Tidak ada lagi penyekatan jalan di ibu kota

Adapun ganjil genap yang telah dijalankan selama tiga hari, Dirlantas menilai cukup efektif dan sukses menekan mobilitas masyarakat.

"Ganjil-genap cukup efektif menekan mobilitas masyarakat dalam sepekan ini. Terlihat dari berkurangnya volume kendaraan yang melintas di jam gage diberlakukan," kata Kombes.

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jakarta, temukan di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top