Polisi Ingatkan Lagi Dispensasi Perpanjangan SIM Hanya Sampai 27 Juli

22/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Polisi kembali mengingatkan bahwa pemberian dispensasi perpanjangan SIM yang mati saat PPKM Darurat 3 - 20 Juli 2021 hanya berlaku sampai 27 Juli 2021.

Memasuki masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat layanan perpanjangan SIM tetap beroperasi. Termasuk juga untuk perpanjangan SIM yang mati saat PPKM Darurat 3-10 Juli 2021.

Berlaku sampai 27 Juli

Korlantas Polri mengingatkan bahwa dispensasi perpanjangan SIM yang pernah disampaikan awal bulan ini untuk SIM mati saat PPKM Darurat hanya berlaku sampai 27 Juli 2021. Pemilik SIM bisa mendatangi kantor Satpas SIM, Gerai SIM, atau SIM Keliling yang beroperasi di sejumlah titik, lalu melakukan perpanjangan sesuai prosedur yang berlaku.

“Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 sampai 20 Juli 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 21 sampai 27 Juli 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” kata Kepala Sub-Direktorat SIM Dit Regident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo.

>>> Polisi Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM di Masa PPKM Darurat

Foto SIM Keliling Jakarta Selatan sedang memberikan pelayanan

Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa melalui layanan di SIM Keliling

Dijelaskan kalau dispensasi perpanjangan SIM mati saat PPKM Darurat ini sudah ditetapkan pada 2 Juli 2021 lewat telegram Kapolri Nomor ST/1369/VII/YAN.1.1./2021. Sosialisasi juga sudah dilakukan. Adapun saat ini adalah waktunya layanan itu diberikan.

Polisi bakal menerapkannya secara disiplin dan serius. Artinya warga yang punya kewajiban perpanjangan SIM untuk segera melakukan perpanjangan sebelum dispensasi berakhir. Jika terlambat perpanjangan menjadi tidak berlaku dan harus melakukan registrasi SIM baru dengan segala prosedurnya, meliputi tes kesehatan, ujian tertulis, ujian praktik atau simulator, dan lain-lain.

“Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu tersebut akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” tegas Djati.

Kebijakan PPKM

Sebagaimana diketahui, sejak 3 Juli 2021 Pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, yang kemudian diperluas ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain meniadakan beragam kegiatan PPKM Darurat juga mengurangi mobilitas masyarakat secara signifikan. Mereka dianjurkan untuk lebih banyak di rumah menjalankan aktivitas secara daring. Terkecuali untuk sektor-sektor tertentu atau bidang pekerjaan yang tidak bisa dilakukan secara daring, mereka boleh beraktivitas dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Kebijakan ini sedianya selesai pada 20 Juli 2021, namun diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Harapannya tren kasus Covid-19 berkurang signifikan sehingga bisa pembatasan bisa dibuka secara bertahap.

“Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” kata Presiden dalam pernyataan pers yang disiarkan melalui akun Youtube Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa malam (20/7/2021).

>>> PPKM Darurat Diperpanjang, Penyekatan Masih Berlaku

Foto menunjukkan suasana penyekatan salah satu ruas jalan ibu kota di masa perpanjangan PPKM Darurat

Pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli 22021, penyekatan secara otomatis masih berlaku

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top