Polisi Godok Ujian Praktik SIM Pakai Simulasi, Jadi Mirip Main Game

23/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Pihak kepolisian tengah menggodok penerapan ujian praktik SIM dengan menggunakan sebuah simulasi di gerai mal. Ini mirip dengan simulasi untuk bermain game.

Pihak kepolisian tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi untuk urusan penindakan maupun pengurusan surat-surat berkendara. Ini dilakukan guna mempermudah masyarakat saat mengurus surat-surat yang dibutuhkan sebagai syarat wajib berkendara. 

Misalnya saat mengurus pembuatan dan perpanjangan SIM. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa pihaknya tengah menggodok sistem perpanjangan SIM maupun STNK berbasis teknologi.

Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SIM Online dari Rumah

Ujian Praktik nantinya tak lagi dilakukan di kantor polisi

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Ujian Praktik SIM Bakal Dilakukan Lewat Simulasi

Hal ini membuat masyarakat tak perlu repot lagi pergi ke kantor polisi untuk menjalani ujian teori maupun praktik SIM. Rencananya, ujian praktik SIM bakal diterapkan lewat sebuah simulasi. 

"Akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini. Sehingga, masyarakat terlayani dengan tidak usah datang ke kantor kepolisian, cukup mampir ke mal. Nanti akan ada gerai, jadi kayak main game," kata Sigit dalam sambutan peluncuran ETLE Nasional seperti ditayangkan NTMC Polri, Selasa (23/3/2021). 

Nantinya, jika si pemohon lulus ujian praktik maka akan mendapat bukti dan bisa diproses untuk mendapatkan SIM aslinya. Sayang, mekanismenya masih belum merinci lantaran belum rampung sepenuhnya. 

"Kemudian secara otomatis apakah dikirim melalui delivery sistem atau menjadi SIM elektronik yang bisa disatukan dengan gadget kita, itu rencana kami ke depan," jelas Sigit lagi. 

>>> Polisi Siapkan Aplikasi Perpanjangan SIM-STNK, Biar Masyarakat Tak Ribet

Sudah Berlaku tapi Masih Sebatas Pendaftaran

Sekadar informasi, saat ini perpanjangan SIM ataupun STNK secara online memang sudah diterapkan. Namun, itu baru sebatas pendaftaran saja. Mereka yang berniat melakukan perpanjangan SIM dan STNK tetap harus pergi ke kantor polisi ataupun lokasi SIM-STNK keliling untuk tetap memperpanjang dan melakoni ujian praktik SIM. 

Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM

Sedangkan aplikasi perpanjangan SIM dan STNK yang dimaksud Sigit itu akan memudahkan masyarakat bisa mengerjakan semuanya tanpa perlu keluar rumah. Meski begitu, Sigit tak menjelaskan lebih mendetail kapan aplikasi tersebut sudah bisa digunakan masyarakat. 

"Ke depan kami akan mengembangkan perpanjangan SIM, pelayanan STNK dan SKCK sehingga masyarakat bisa mendaftar, mengisi aplikasi dari rumah dan kemudian khusus untuk SIM setelah lulus teori dengan ujian aplikasi yang kita siapkan baru nanti ujian praktiknya datang ke kantor terdekat, nanti akan kami geser pelan-pelan" ungkap Sigit. 

>>> Ganjil Genap Tak Berlaku, Pelanggar Lalin Tetap Ditilang 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top