Polisi Dapat Hibah Mobil Listrik Tesla untuk Patroli Lalu Lintas

26/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Polisi Dapat Hibah Mobil Listrik Tesla untuk Patroli Lalu Lintas
Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan hibah berupa satu unit mobil listrik Tesla untuk kendaraan patroli kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) baru saja memberikan hibah berupa satu unit mobil listrik Tesla kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Mobil tersebut rupanya pinjaman dari Importir Umum Prestige Motorcars guna mendukung agenda pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik sekaligus mengenalkannya ke pihak kepolisian. Diharapkan mobil listrik asal AS ini bisa digunakan oleh kepolisian sebagai mobil patroli lalu lintas.

Tesla Model 3

Desainnya sudah didesain jadi mobil patroli

>>> Bos BMW Prediksi Kesuksesan Tesla Tak Bakal Bertahan Lama

Bakal Digunakan untuk Patroli

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan hibah mobil listrik garapan Tesla ini bisa dijadikan motivasi bagi korlantas agar beralih dari ke kendaraan tanpa asap sebagaimana program pemerintah. Menurutnya, mobil listrik ramah lingkungan serta lebih efektif dalam berkendara.

“Nah tentunya dengan hibah mobil listrik ini bisa memotivasi kita tentunya untuk ke depan rencanakan menggunakan mobil listrik yang tentunya ramah lingkungan dan efektif, efisien, lebih irit, lebih tentunya bisa juga kita lakukan penyebaran lebih banyak di kota kota besar,” ucap Istiono dalam keterangannya. 

Tesla yang dipinjamkan tersebut adalah Tesla Model 3. Mobil sudah didesain dengan menggunakan stiker warna mobil kepolisian. Tesla bukan hanya mobil listrik yang ramah lingkungan, namun juga bertenaga dan dapat menempuh jarak hingga 400 km dalam satu kali pengecasan baterai. Biaya yang dikeluarkan untuk pengisian baterai tersebut juga diklaim lebih irit ketimbang mobil bensin. 

mobil listrik Tesla

Dukung program percepatan kendaraan listrik

>>> Ini Dia Mobil Polisi Indonesia Pertama yang Usung Tenaga Listrik

Bisa Berakselerasi Kencang

Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan maksimum hingga 225 km/jam. Mobil listrik Tesla ini juga dibekali segudang fitur keamanan seperti Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 inchi, Sistem Audio 15 speaker, 1 subwoofer, 2 amps, dan juga Tinted Glass Roof yang mampu menangkal sinar UV dan infrared. 

Bendahara IMI, Rudy Salim di kesempatan yang sama mengatakan Tesla Model 3 ini terbilang cocok untuk digunakan di jalanan Indonesia. Pasalnya, ini hanya membutuhkan waktu 4-6 jam untuk mengisi ulang baterai hingga penuh agar bisa kembali berjalan. 

mobil listrik Tesla

Tak dijelaskan berapa lama masa peminjaman

Rudy juga berharap penggunaan mobil listrik ini bisa jadi contoh untuk masyarakat agar beralih ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Mobil yang dihibahkan adalah mobil Tesla Model 3 dimana bisa mencapai jarak 400 KM dengan proses pengecasan 4-6 jam dan kami harap kendaraan operasional ini dapat membantu korlantas bisa untuk mencoba mobil listrik Tesla ini seperti ini. Dan semoga bisa memberikan dampak yang baik bukan hanya untuk kepolisian tapi masyarakat bahwa mobil listrik ini sudah dipelopori oleh Korlantas,” pungkas Rudy. 

>>> Mengintip Mobil Bekas Tesla di Indonesia, Berapa Sih Harganya?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top