Polisi Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM di Masa PPKM Darurat

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemilik SIM yang masa berlakunya habis mulai 3 hingga 20 Juli 2021 Polda Metro Jaya berikan dispensasi selama sepekan untuk perpanjangan SIM di Masa PPKM.

Polda Metro Jaya meniadakan proses perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) mulai 3-20 Juli 2021. Hal ini seiring dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

>>> Ada Perpanjangan SIM Gratis Ditlantas Polda Banten, Nih Caranya

Dispensasi Perpanjangan SIM di Masa PPKM Selama Sepekan

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan pihaknya akan memberikan dispensasi waktu perpanjangan selepas masa PPKM Darurat. Adapun waktu dispensasi yang diberikan sekitar 7 hari.

“Terkait pelayanan SIM dan perpanjangan, bagi masyarakat yang habis masa berlakunya mulai dari 3-20 Juli 2021 maka dapat diperpanjang pada tanggal 21-27 Juli dengan mekanisme perpanjangan,” ungkap Kombes Pol Sambodo kepada wartawan, Jumat (2/7/2021) seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

Perpanjangan SIM

Adapun waktu dispensasi yang diberikan sekitar 7 hari

Menurut Kombes Pol Sambodo, kebijakan peniadaan layanan perpanjangan SIM tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan di masa PPKM Darurat. Lebih lanjut, Kombes Pol Sambodo menjelaskan bagi masyarakat yang tidak melakukan perpanjangan SIM pada masa dispensasi, maka wajib menjalani penerbitan SIM baru. Sementara, untuk pelayanan pembayaran pajak, kepolisian masih melakukan pembahasan.

“Bagi yang habis masa berlaku SIM-nya di tanggal tersebut, dan tidak melakukan perpanjangan. Maka akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” tukas Kombes Pol Sambodo.

>>> AWAS HOAX! Ini Kata Korlantas Soal Syarat Pembuatan SIM

Penutupan Jalan PPKM Darurat Ditambah Jadi 651 Titik

Sementara itu titik Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Bali-Jawa akan kembali ditambah menjadi 651 titik. Sebelumnya titik penutupan jalan PPKM Darurat ada sekitar 407 titik.

“Jumlahnya 651 (titik penyekatan), dan ini terus dinamis. Di hari pertama operasi ada 407, tetapi terus tiap hari, jajaran dan kewilayahan mengevaluasi,” ungkap Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Rudy Antariksawan dalam sebuah diskusi webinar.

Gambar menunjukan PPKM Darurat

Penambahan titik penutupan jalan PPKM Darurat untuk menekan mobilitas

Kombes Pol Rudy menjelaskan, dalam lima hari PPKM Darurat berlangsung kepolisian terus melakukan evaluasi. Sehingga proses penyekatan dan pemeriksaan kelengkapan administrasi tak bertumpuk pada satu titik. Penambahan titik penyekatan selama PPKM Darurat ini diharapkan mampu mengurai kepadatan antrian kendaraan. Kombes Pol Rudy menilai saat ini mobilitas warga juga telah berkurang.

>>> Perbedaan Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tidak Memiliki SIM

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top