Polisi Beri Dispensasi Perpanjangan SIM Selama PPKM Darurat di Yogya

24/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Selama PPKM Darurat yang berlangsung hingga 25 Juli 2021 pihak kepolisian di Yogya berikan kelonggaran dispensasi perpanjangan SIM hingga 2 Agustus 2021.

Pemerintah telah resmi mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 25 Juli 2021. Beberapa regulasi masih tetap diberlakukan guna mengurangi tingkat persebaran Covid-19 di Indonesia.

26 Juli Sampai 2 Agustus

Dilansir dari akun instagram resmi @satlantasjogja Jumat (23/7/2021), bagi masyarakat Yogyakarta yang masa berlaku SIM habis pada saat PPKM berlangsung dapat melakukan perpanjangan pada 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.

Gambar menunjukan SIM

Dispensasi perpanjangan mulai tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021 

Perlu diingat, dispensasi hanya untuk melakukan perpanjangan  SIM. Sedangkan untuk permohonan pembuatan SIM baru, pemohon harus datang ke Satpas untuk menjalani ujian praktek pembuatan SIM.

Sedangkan bagi yang masa berlaku SIM-nya habis pada masa PPKM dan tidak melakukan perpanjangan dalam tenggang waktu yang telah ditentukan, akan diberlakukan mekanisme pembuatan SIM baru.

>>> Ada Perpanjangan  SIM Gratis Ditlantas Polda Banten, Nih Caranya

Hanya untuk Perpanjangan SIM

Dengan adanya perpanjangan yang diberlakukan, maka pemilik SIM yang masa berlakunya habis selama PPKM Darurat diberikan dispensasi perpanjangan SIM. Aturan ini mengacu pada Surat Telegram Kapolri nomor ST/1491/VII/YAN.1.1./2021 yang tertanggal 21 Juli 2021.

“Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 sampai 25 Juli 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” ujar Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo, (23/7).

Gambar menujukan Perpanjangan SIM

Bila terlambat langsung otomatis diberlakukan mekanisme pembuatan SIM baru

Menindaklanjuti aturan tersebut, beberapa Kepolisian Daerah melakukan penyesuaian regulasi dispensasi perpanjangan  SIM. Tidak terkecuali Satlantas Polresta Yogyakarta.

Sebelumnya, dispensasi perpanjangan SIM yang masa berlakunya habis selama PPKM darurat dapat diperpanjang pada 21-27 Juli 2021, namun dengan adanya perpanjangan PPKM maka dispensasi juga diperpanjang dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Cara Perpanjang SIM Secara Online

Selama masa PPKM Darurat, permohonan perpanjang SIM dapat dilakukan secara online melalui ponsel. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan di Satpas SIM sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat dicegah.

Pemohon dapat melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas Polri yang dapat diunduh di playstore. Ikuti setiap langkah yang ditentukan. Jika semuanya sudah terpenuhi, maka SIM baru akan dikirimkan ke alamat pemohon.

Gambar menujukan SIM

Ada empat Satpas yang dapat memproses perpanjangan daring

Ada empat Satpas yang dapat memproses perpanjangan online ini, yaitu di Satpas Daan Mogot Jakarta, Satpas Depok Jabar, Satpas Jombang Jatim, Satpas Denpasar Bali. Jadi SIM akan dikirim dari Satpas tersebut, silahkan pilih lokasi yang terdekat dari alamat anda, agar ongkos kirim bisa diminimalisir.

Usahakan juga untuk melakukan perpanjangan SIM tidak terlalu mepet dengan tanggal habis masa berlaku SIM. Pada aplikasi Digital Korlantas Polri ini, pelayanan permohonan perpanjang SIM sudah bisa dilakukan H-30 sebelum masa berlaku habis.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top