Polisi Bakal Gelar Rapid Test Antigen Acak di Rest Area saat Libur Imlek

11/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Pihak kepolisian bakal menggelar rapid test antigen acak di rest area saat libur Imlek 12-14 Februari 2021 sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Adanya libur panjang di Indonesia biasanya diiringi dengan peningkatan kasus Covid-19. Maka dari itu, sejumlah upaya bakal dilakukan guna menekan angka penyebaran tersebut.

Pihak kepolisian misalnya, bakal menggelar rapid test antigen secara acak di rest area pulau Jawa khususnya di jalan tol sepanjang selama libur long weekend Imlek 12-14 Februari 2021. 

“Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya dikutip NTMC Polri. 

>>> Ini Pengunjung Rest Area yang Bakal Disasar Rapid Test Antigen Secara Acak

Ada Pengecekan Test Antigen Gratis

Korlantas Polri Irjen Pol Istiono

Hanya saja, terkait di mana titik pemeriksaan random test antigen itu, Istiono belum memberikan penjelasan lebih lanjut. Lebih lanjut, pihak kepolisian juga akan menyiapkan pemeriksaan rapid test antigen gratis di posko KM 19. 

“Di KM 29 untuk antisipasi bila diperlukan adanya contraflow, baik yang ke arah timur maupun timur ke arah barat, nah di KM 19 rest area kami akan mengadakan swab (rapid) antigen drive thrue gratis,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. 

Saat libur Imlek diprediksi akan ada puncak arus kepadatan yakni pada Kamis atau H-1 sebelum perayaan. Maka dari itu sejumlah titik keberangkatan bakal ditinjau terutama terkait protokol kesehatannya. Diprediksi kepadatan arus terjadi di daerah tujuan Jogja dan Solo.

>>> Ada Test Rapid Antigen, Liburan ke Bali Naik Mobil Pribadi Jadi Lebih Mahal

Siapkan Sejumlah Skema Pengamanan Lalu Lintas

Ini Pengunjung Rest Area yang Bakal Disasar Rapid Test Antigen Secara Acak

Pernah diterapkan saat Libur Akhir Tahun

Istiono kemudian mengatakan, Korlantas Polri juga akan membatasi pergerakan masyarakat agar penularan COVID-19 dapat ditekan. Beberapa skema sudah disiapkan terkait pengamanan libur panjang Imlek.

“Oleh karena itu, daerah dan tujuan tersebut harus mengantisipasi pergerakan orang, protokol kesehatan orang di wilayah juga harus dijaga dengan sedemikian ketat, pergerakan orang juga harus dimaksimalkan mungkin, termasuk pos-pos lalu lintas dan tempat keramaian yang harus kita antisipasi secara maksimal,” ujar dia.

Anggota Polantas akan disiagakan di sejumlah pos jaga dan jalan tol termasuk jalan arteri selama libur panjang Imlek. Hanya saja terkait berapa kuat personel yang dikerahkan belum dirinci. 

“Tentu kita gelar personel, pos yang diisi jajaran, baik di jalan tol maupun arteri, di pos-pos ini kita aktifkan semua untuk Imlek ini, terutama di tempat wisata dan perbelanjaan, Kita siap mengantisipasi itu semua. Arus mudik maupun balik kita siapkan secara maksimal,” kata Istiono.

>>> Cara Servis Mobil yang Ikut Berubah karena Virus Corona

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top