Polda Metro Prediksi Malam Ini Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Polda Metro Prediksi Malam Ini Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru
Malam ini diprediksi menjadi puncak arus balik libur Tahun Baru 2021. Ratusan ribu kendaraan diprediksi masuk ibu kota melalui jalan tol dari tiga arah berbeda.

Libur Tahun Baru 2021 hampir berakhir dan tinggal beberapa jam lagi. Warga ibu kota yang masih berada di luar Jakarta segera kembali. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro memperkirakan mulai sore hingga malam hari bakal menjadi puncak arus balik.

"Puncak arus balik kemungkinan besok (kemarin) dari sore sampai malam," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, seperti dirilis NTMC Polri, (2/1/2021).

Persiapan Penjagaan

Diperkirakan sejumlah ruas jalan akan macet. Terutama di gerbang tol, di persimpangan tol yang mengarah ke Jakarta seperti Simpang Susun Cikunir, di pertemuan dua arus lalu lintas Tol Cipularang dan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, serta di titik akses keluar masuk rest area jalan tol.

>>> Mampir di Rest Area Jalan Tol, Patuhi 6 Protokol New Normal

Foto Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

Polisi meyakini masih banyak warga Jakarta yang belum kembali ke ibu kota

Mengantisipasi hal tersebut pihak Ditlantas Polda Metro telah melakukan persiapan. Sejumlah petugas bakal berjaga di titik-titik rawan yang dilalui arus balik kendaraan sebagaimana di atas.

"Semua titik itu akan kita jaga," ujar Kombes Pol Sambodo.

Prediksi Jasa Marga

Persiapan polisi juga telah dikoordinasikan dengan pihak Jasa Marga. Pengelola jalan tol itu memperkirakan sekitar 205 ribu kendaraan bakal kembali ke Jakarta lewat jalan tol, gabungan dari arus lalu lintas dari arah Timur, Barat, dan Selatan.

"Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta dalam rangka libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 terjadi pada hari Minggu. Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari tersebut adalah sebanyak 205 ribu kendaraan, naik 18,5 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) new normal," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/1/2021).

Mereka akan masuk dari beberapa gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama untuk kendaraan dari arah Timur (Tol Trans Jawa dan Cipularang), GT Cikupa untuk kendaraan dari arah Barat (Tol Jakarta-Merak), dan GT Ciawi untuk kendaraan dari arah Selatan (Tol Jagorawi).

>>> Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo Solo Resmi Dibuka, Tarif Masih 0

Foto menunjukkan Lalu lintas jalan tol

Ratusan ribu kendaraan meninggalkan Jakarta di libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

>>> Berita menarik lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Dua Hari Sebelum Tahun Baru, 272 Ribu Mobil Meninggalkan Jakarta

02/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga mencatat dalam dua hari sebelum Tahun Baru 2021 lebih dari 272 ribu mobil meninggalkan Jakarta lewat jalan tol menuju arah barat, timur, dan selatan.

Lihat juga

150 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-2 Tahun Baru 2021

31/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Tidak kurang dari 150 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta lewat jalan tol di H-2 Tahun Baru 2021, dengan volume terbanyak kendaraan yang menuju arah timur (Tol Trans Jawa dan Tol Cipularang).

Lihat juga

Pengalihan Lalu Lintas Jalan Sudirman-Thamrin Malam Tahun Baru

31/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Mulai jam 8 malam hingga jam 3 pagi hari berikutnya, Jalan Sudirman-Thamrin bakal disterilkan dari seluruh aktivitas, lalu lintas dialihkan ke jalan lain.

Lihat juga

Sepanjang 2020 Hutama Karya Garap 10 Jalan Tol Trans Sumatra

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

PT Hutama Karya menggarap 10 jalan Tol Trans Sumatra pada 2020 dengan panjang total mencapai 1.156 Km. Dua diantaranya sudah diresmikan dan beroperasi penuh.

Lihat juga

Ingat! Januari 2021 Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Uji Emisi Kalau Tak Mau Ditilang

04/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Gubernur DKI Jakarta telah merilis aturan terbaru berkaitan dengan uji emisi. Dalam aturan itu mobil pribadi wajib uji emisi dan bila tidak bakal kena tilang.

Lihat juga
 
back to top