Polda Banten Putar Balikkan Lima Ribu Kendaraan Pemudik

16/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Selama 8 hari Operasi Ketupat Maung 2021 Polda Banten memutar balikan sebanyak 5.012 kendaraan pemudik. Operasi ini akan terus berjalan hingga awal pekan depan.

Jajaran Polda Banten dalam Operasi Ketupat Maung 2021 telah memutar balik sebanyak 5.012 kendaraan pemudik. Hal ini terus diupayakan Polda Banten dalam menekan penyebaran Covid-19.

>>> Catat! Berpergian di Wilayah Jabodetabek Tak Perlu Pakai Surat Izin

Gambar menunjukan Pemudik

Ribuan kendaraan diputar balik

Hasil Operasi Hari ke-8

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, jumlah tersebut hasil operasi di hari ke-8 larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021. Selain itu operasi ini juga melibatkan beberapa pihak terkait.

“Jumlah kendaraan yang diputar balik pemudik tersebut hasil pemeriksaan terhadap 35.235 kendaraan pemudik di 24 pos penyekatan yang Dipimpin Kepala Pos Pengamanan Sekat dari Polres setempat, dan melibatkan unsur TNI, unsur Pemda seperti BPD, Dinas Kesehatan, di samping Pramuka.” kata Edy Sumardi seperti dikutip dari laman NTMCI Polri, Sabtu (15/5/2021).

Ia menjelaskan, jumlah data kendaraan diambil dari 24 titik pos penyekatan meliputi 9 Pos Sekat pemudik yang berada di Pintu Gerbang Tol Mulai dari Cikupa, Kedaton, Balaraja timur, Balaraja Barat, Cikande, Ciujung, Serang Timur, Serang Barat dan Merak. Maupun 15 Pos Sekat Jalur arteri wilayah Hukum Polda Banten. “Sebanyak itu termasuk 453 ranmor yang diputarbalikan pada Kamis saat hari raya Idul Fitri 1442 H,” ujarnya.

>>> Ratusan Kendaraan Pemudik Diminta Putar Balik di Pos Penyekatan Kota Tangerang

Gambar menunjukan Polusi di jalan

Polisi tengah memantau kepadatan pengguna jalan pada arus mudik 2021

Rincian Kendaraan yang Diputar Balik

Edy juga merinci jumlah kendaraan pemudik yang di putar balikkan selama 8 hari dalam Operasi Ketupat Maung Tahun 2021, Untuk Roda 2 (R2) sebanyak 1938 kendaraan, Roda 4 (R4) sebanyak 2946 kendaraan, Bus/travel 81 kendaraan, dan Truk 47 kendaraan.

Selain itu Edy Sumardi juga menyampaikan bagi masyarakat yang dari luar kota, diharapkan tidak langsung pulang kerumah. Masyarakat wajib swab antigen di PPKM Mikro untuk memastikan tidak terpapar covid-19

“Setelah dilakukan pemeriksaan tes swab antigen kami beri himbauan dan meminta kepada masyarakat yang kembali dari tempat kampung halamannya untuk melakukan karantina minimal selama 5×24 jam, Sehingga dapat mencegah penularan dengan optimalisasi PPKM Mikro di desa atau kelurahan,” tutup  Edy Sumardi.

>>> Cara Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top