Pirelli Kembangkan Teknologi Ban yang Dapat Terhubung ke Internet 5G

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pirelli Kembangkan Teknologi Ban yang Dapat Terhubung ke Internet 5G
Dengan koneksi internet 5G, nantinya ban Pirelli mampu memberikan beragam informasi tentang kondisi ban dan permukaan jalan tak hanya ke pengemudi, namun juga pengendara lainnya.

Produsen ban asal Italia, Pirelli, membuat sebuah terobosan dalam industri ban, dengan mengembangkan teknologi ban yang dapat terhubung ke internet 5G. Pirelli pun optimis dengan inovasi ban pintar mereka ini akan mengubah standar atas sebuah performa dan keselamatan berkendara. Teknologi ban pintar Pirelli ini mampu mengakses jaringan internet, sekaligus memberikan beragam data informasi kepada kendaraan, melalu komputer mesin (ECU) dan pengemudi lewat sistem infotainment mobil.

>>> Hankook Luncurkan Ban Terbaru Khusus SUV, Dynapro AT2 Dibanderol Mulai Rp1,5 Juta

Foto teknologi ban pintar Pirelli dengan internet 5G

Teknologi ban pintar Pirelli akan terhubung dengan internet 5G untuk memberikan informasi seputar ban dan kondisi jalan

Produsen yang bermarkas di kota Milan, Italia ini menggunakan sebuah sensor sebesar uang koin dan sebuah modul yang diletakkan pada bagian dalam ban. Sensor ini akan membaca beragam kondisi ban dan jalanan, seperti lubang, permukaan jalan yang licin, kondisi tapak ban hingga suhu dan tekanan angin ban terkini. Data ini nantinya akan dikirimkan ke komputer mesin, sehingga mobil dapat menyesuaikan dengan kondisi ban dan permukaan jalan, seperti settingan kontrol traksi atau stabilitas hingga settingan suspensi.

>>> Continental Perkenalkan Ban Pintar Yang Dapat Menyesuaikan Tekanan Angin Otomatis Demi Efisiensi Berkendara

Foto sensor pada teknologi ban pintar Pirelli

Sensor inilah yang akan membaca kondisi terkini pada ban dan permukaan jalan

Selain memberikan informasi ke mobil, dengan terhubung dengan internet 5G, teknologi ban pintar Pirelli ini juga akan memperingatkan tak hanya pengemudi, namun juga penggunajalan lainnya tentang kondisi jalanan terkini. Tujuannya, agar pengemudi dapat lebih waspada saat berkendara. Sementara untuk pengendara atau pengguna jalan lainnya, informasi yang dihadirkan oleh teknologi ban pintar Pirelli ini akan memberikan peringatan akan kondisi jalan yang akan dilalui.

>>> Mencari Mobil Baru Atau Bekas? Dapatkan berbagai penawaran menarik di sini

Foto lini ban Pirelli P Zero Trofeo

Teknologi ban pintar Pirelli akan diaplikasikan pada lini P-Zero Trofeo

Pirelli sudah melakukan beberapa pengetesan terkait teknologi ban pintar mereka, dengan mengaplikasikannya pada ban Pirelli P-Zero Trofeo yang terpasang pada Audi A8 dan sebuah Audi Q8 yang disimulasikan sebagai kendaraan lainnya. Pengetesan teknologi ban pintar ini dilakukan pada sebuah trek tertutup. Hasilnya? Teknologi ban pintar Pirelli ini mampu memberikan kondisi terkini tentang permukaan trek pada sebuah Audi Q8 lewat jaringan internet 5G, dan dapat memperingati ketika ada permukaan trek yang basah atau licin.

>>> Bersama Bos Baru, Bridgestone Luncurkan Ban Sport Segala Medan

Foto jaringan teknologi ban pintar Pirelli

Jaringan teknologi ban pitar Pirelli yang membutuhkan beberapa infrastruktur lainnya

Pirelli memang belum memastikan tentang kapan teknologi ban pintar mereka akan tersedia di pasaran. Namun banyak kalangan optimis bahwa teknolog ban pintar yang mampu terhubung ke internet akan hadir di Eropa dalam beberapa tahun mendatang. Alasannya, beberapa produsen ban untuk kendaraan komersial di Eropa sudah mengaplikasi teknologi ban pintar untuk memberikan keamanan saat pengiriman barang, meski dengan fitur yang masih terbatas.  

>>> Berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Penting untuk Diketahui, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Harus Diganti

02/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Terdapat beberapa ciri-ciri bahwa ban mobil harus diganti. Apakah Anda sudah tahu? Simaklah tips di bawah ini.

Lihat juga

Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Berkendara di Jalan Berlubang

02/12/2019

Pengemudian

3 menit

Anda harus berhati-hati ketika sedang berjalan di jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya. Jika Anda sedang tidak berkonsentrasi bisa saja mobil yang Anda gunakan akan menghantam jalan berlubang.

Lihat juga

Antisipasi Ban Terkena Ranjau Paku

28/11/2019

Pengemudian

3 menit

Ranjau paku bisa menyebabkan banyak kerugian bagi pengemudi kendaraan bermotor baik rugi waktu, rugi biaya, hingga rugi keselamatan. Lantas bagaimana cara mengantisipasi ban terkena ranjau paku, berikut tips dari pakar keselamatan lalu lintas.

Lihat juga

10 Mitos Tentang Ban Yang Patut Anda Ketahui

24/11/2019

Perawatan dan service

4 menit

Berikut kami ulas tentang 10 mitos tentang ban serta penjelasannya agar Anda tak terjebak dalam informasi keliru yang dapat membahayakan Anda

Lihat juga

Berikut Cara Aman Gunakan Ban Cadangan Jenis Space Saver

23/11/2019

Perawatan dan service

3 menit

Ukuran dan bentuknya yang lebih kecil dari ban utama, membuat ban cadangan jenis space saver perlu perhatian khusus saat digunakan

Lihat juga
 
back to top