Pindah Haluan, Toyota Rencanakan Jual 5.5 Juta Mobil Listrik Hingga 2025

10/06/2019
Dalam penjabaran strategi produk terbarunya, Toyota akan memulai kampanye 5.5 juta mobil listrik pada 2025 mendatang. Tak tanggung-tanggung, rencana tersebut akan dimulai tahun depan.

Pemaparan dilakukan oleh Shigeki Terashi selaku Kepala R&D dan Wakil Presiden Eksekutif Toyota. Dilansir dari Reuters, perusahaan harus mengubah tujuan jangka pendek dengan menetapkan lima tahun lebih cepat untuk memenuhi “gelombang tiba-tiba” dari mobil listrik.

 platform mobil listrik Toyota dan Subaru dari kerangka
Toyota akan bekerja sama dengan Subaru mengembangkan platform mobil listrik

Toyota juga bertujuan untuk meluncurkan paket baterai solid-state untuk mobil listriknya tahun depan dan menjelang Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Dari 5.5 juta kendaraan listrik yang akan dijual pada tahun 2025, Toyota menginginkan setidaknya 1 juta merupakan hybrid baterai listrik atau model bertenaga hidrogen.

>>> BMW–Jaguar Land Rover serta Toyota–Subaru Kerja Sama Kembangkan Kendaraan Listrik

“Ingin berusaha tidak cukup. Anda benar-benar harus dapat memberikan, "kata Terashi." Jika memungkinkan, pada saat kita [Jepang] menyelenggarakan pertandingan Olimpiade tahun depan, kami ingin memastikan bahwa baterai solid-state dapat diluncurkan kepada publik."

 6 bodi baru Toyota yang akan dikembangan
Ada enam bodi kendaraan listrik yang akan dikembangkan Toyota

>>> Berita pasar mobil terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Toyota merilis serangkaian gambar yang menunjukan berbagai model, satu untuk setial bodystyle yang direncanakan. Setiap model dilengkapi dengan wheelbase yang panjang, kamera di pintu belakang, serta bahasa desain khusus EV. Selain itu, Toyota juga mengembangkan arsitektur spesifik khusus kendaraan listrik berdasarkan pada Toyota New Global Architecture (TNGA) yang pertama kali digunakan pada Prius keluaran 2015 lalu.

Dijuluki e-TNGA, platform ini akan menelurkan SUV kompak yang dikembangkan bersama dengan Suzuki serta SUV menengah melalui kolaborasi dengan Subaru. Dalam penjelasannya, Toyota berencana untuk mengembangkan crossover listrik lain, serta sedan, SUV besar hingga minivan.

>>> Daftar lengkap mobil baru dan bekas Toyota hanya di sini

 dua mobil baru Toyota C-HR bertenaga listrik dan Ioza
Toyota C-HR dan Ioza menjadi langkah awal rencana elektrifikasi Toyota

Tak lama lagi, kendaraan listrik akan memainkan peran penting dalam masa depan Toyota. Sebelumnya Toyota sudah mengeluarkan versi listrik C-HR dengan versi Cina-nya, Ioza, tahun depan. Toyota juga memiliki minicar dua kursi khusus Jepang dengan jarak tempuh 100 kilometer. Mereka juga mengumumkan kesepakatan baru dengan pemasok baterai Cina, CATL, dan pabrikan Cina, BYD.

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain