Pilihan Truk 8x2, Cara Pintar Pengusaha 'Akali' Regulasi ODOL

19/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Truk 8x2 menawarkan kemampuan daya angkut muatan yang lebih banyak dan distribusi berat barang muatan yang lebih merata dan stabil sehingga lebih aman

Pada dasarnya,  “ODOL” adalah merek pasta gigi untuk membersihkan dan mengharumkan  mulut dan gigi. Namun  “ODOL” yang satu ini, lebih tepatnya truk ODOL,  menjadi salah satu  masalah  pelik dalam urusan distribusi dan transportasi logistik di Indonesia.  Banyaknya truk yang direkayasa ukuran dan daya muatnya menjadi over dimension over load alias ODOL sehingga dapat memuat barang yang melebihi batas kemampuan teknis secara ekstrem ternyata bukan hal sepele.

Gambar Mitsubishi FUSO 8x2

Meski mahal, Truk 8x2 bisa jadi pilihan para pengusaha

Maksudnya, bukan sekadar pelanggaran kelebihan muatan yang berakibat kemacetan, kerusakan jalan, dan potensi kecelakaan. Sebagai gambaran, kerugian akibat kerusakan infrastruktur jalan  mencapai Rp 43 triliun dalam setahun karena truk ODOL. Pada sisi lain, terkait kebijakan pemerintah untuk melakukan penindakan atas truk ODOL mulai 1 Agustus 2018, sejumlah produsen menawarkan berbagai produk truk logistik yang sesuai dengan program bebas ODOL (Zero ODOL pada tahun 2023).

Gambar Mitsubishi FUSO Super Great 8x2

Sayangnya truk 8x2 yang dijual di Indonesia itu masih terbatas mereknya

Tercatat antara lain  Hino, Tata  dan UD Trucks yang sudah menyiapkan  produk truk 8x2. Berbekal empat sumbu roda, maka distribusi berat total kendaraan (GVW) menjadi lebih merata dan lebih stabil. Berikut ini adalah ulasan dari tim Cintamobil.com mengenai profil truk 8x2 di Indonesia yang ditawarkan oleh sejumlah produsen.

>>> Ini Dia Penyebab Rem Blong Pada Bus & Truk

Hino

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku APM Hino di Indonesia pada  6 April 2021 meluncurkan  medium duty truck Hino Ranger FLX 260 JW (8×2) atau truk 8x2 bertempat  di Hino Total Support Centre, Jatake, Tangerang, Banten. Secara dimensi, Hino Ranger FLX 260 JW 8x2 memiliki panjang total 11,95 meter dan panjang bak barang hingga 9,7 meter sehingga mampu membawa muatan  maksimal. Berbekal empat sumbu roda, banyak barang muatan yang bisa diangkut dengan sekali jalan dan pengangkutan lebih stabil karena pendistribusian beban lebih merata.

gambar truk

Hino mengandalkan Hino Ranger FLX 260 JW (8×2) sebagai pengganti truk ODOL

Truk ini memiiliki  wheelbase 1.850 + 3.880 + 1.350 milimeter dan GVW 32 ton sehingga distribusi berat menjadi sekitar 8 ton untuk setiap  sumbu roda. Hino Ranger FLX 260 JW (8x2) dilengkapi  Full Air Brake System agar  pengereman lebih  maksimal, kamera belakang  untuk membantu pengemudi melihat kondisi di  belakang kendaraan sehingga lebih aman ketika  parkir atau mundur dan side under mirror untuk membantu melihat di bagian yang tidak terjangkau atau blind spot. Kursi  pengemudi  dilengkapi dengan seat air suspension sehingga lebih nyaman dalam perjalanan jauh.  

Tata

PT Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) memasarkan truk 8x2 Tata Prima 3123 T dalam gelaran GIIAS 2019 sebagai pilihan bagi pengusaha logistik yang membutuhkan armada truk yang tidak melanggar regulasi ODOL.

gambar truk

Tata menawarkan Tata Prima 3123 T untuk menggantikan truk ODOL

Berbekal konfigurasi 8x2, panjang total 11.235 mm dan GVW 31 ton atau 4-5 ton lebih banyak daripada truk 6x2, Tata Prima 3123 memiliki  harga kompetitif dan biaya operasional setara  truk 6x2. Itu sebabnya, Tata Prima 3123 dirancang sebagai truk wing box yang cocok untuk angkutan barang dengan kategori “volume banyak, bobot ringan.” Sistem rem full air brake didukung sistem rem ABS.     

UD Trucks

Setahun sebelum pemerintah melakukan tindakan tegas terhadap truk ODOL mulai 1 Agustus 2018,  UD Trucks memperkenalkan truk  kelas berat (HDT) rigid 8x2  atau truk 8x2 pertama di Indonesia melalui  gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 dan sekalian  menyerahkan pembelian pertama kepada PT Alamui Logistics. Menilik dimensinya, UD Trucks CQE 280 mempunyai panjang total  11,95 meter,  panjang bak barang 10.190 meter, wheelbase 1.995 mm + 3.805 mm + 1.370 mm sehingga mampu mengangkut muatan dengan maksimal.

gambar truk

UD Trucks CQE 280 menjadi truk anti ODOL

Berbekal empat sumbu roda dan GVW 30 ton, pengangkutan barang muatan lebih stabil karena pendistribusian beban lebih merata menjadi sekitar 7,5 ton per sumbu roda.  Sistem rem sudah full air  brake disertai ABS (opsional) dan rem gas buang (tambahan). PT Astra International Tbk UD Trucks Sales Operation Head Office mendatangkan  100 unit Quester 8x2 dari Thailand dan  50 unit dibeli  Alamui, perusahaan logistik yang melayani distribusi Coca Cola. Truk 8x2 ini secara  spesifik dirancang  untuk distribusi  kargo dan logistik  antar kota di Indonesia.

 >>> Isuzu Indonesia Dukung Zero ODOL Demi Kebaikan Semua Pihak

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top