Pilihan SUV Bekas Terbaik Rp 150 Jutaan

16/08/2017
Mobil SUV sering diminati banyak orang. Berikut ini beberapa pilihan mobkas direntang harga Rp 140-160 juta.

Terlahir dengan bodi yang gagah, kelebihan lain mobil SUV adalah memiliki ground clearance yang tinggi. Pemilik kendaraan ini akan lebih percaya diri ketika melintasi jalanan Indonesia yang sering tergenang air di kala musim hujan.
Menurut wiki IndonesiaKendaraan Utilitas Sport (Bahasa Inggris: Sport Utility Vehicle), disingkat S.U.V. ("SUV") adalah klasifikasi mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan.

Keuntungan lainnya adalah kaki-kaki yang kuat dibandingkan dengan mobil perkotaan lain. Mereka lebih siap ketika berjalan di jalanan yang jelek dan berlubang. Di samping itu, jika sewaktu-waktu memang diperlukan, SUV lebih bisa diandalkan untuk diajak melintasi medan light off road.

Sebelum membeli, budget adalah hal yang paling utama. Sekarang dengan harga Rp 150 jutaan sudah tersedia beragam merek dan varian yang bisa dijadikan pertimbangan guna memenuhi keperluan mobilitas Anda.

Nah, untuk memperluas pilihan, kami memberi toleransi harga plus minus Rp 10 juta. Apa saja pilihannya? Inilah beberapa pilihan mobkas direntang harga Rp 140-160 juta.

1. Daihatsu Terios TX MT

Tahun: 2013
Mesin: 1.495 cc 4 silinder, 109 dk
Harga: Rp 150 jutaan

+: Konsumsi BBM, perawatan mudah, transmisi otomatis
-: Suspensi terasa limbung, akselerasi 

Daihatsu Terios merah mengakomodir 7 penumpang

Daihatsu Terios cocok untuk keluarga

Meskipun serupa dengan Toyota Rush secara eksterior, Daihatsu Terios lebih unggul soal akomodasi pada kabinnya. Di semua varian kabinnya bisa mengakomodir hingga 7 penumpang. Cocok digunakan bila Anda suka plesiran bersama keluarga. 

Kami memilih varian tertinggi TX sebagai rekomendasi. Di Terios tipe ini fiturnya lebih lengkap dan mewah. Memiliki mobil ini terbilang menyenangkan karena memang perawatannya yang tergolong mudah. Jaringan servisnya luas. Meskipun akselerasi Terios tidak terlalu istimewa, tapi soal konsumsi BBM ia relatif irit.

2. Nissan X-Trail 2.5 St 

 

Tahun: 2007
Mesin: 2.488 cc 4 silinder, 170 dk
Harga: Rp 150 jutaan

+: Transmisi, bantingan suspensi empuk, kabin luas
-: Sudah berganti model, pengendalian, konsumsi BBM 

Nissan X-Trail warna biru tua

Nissan X-Trail sebagai mobil keluarga bagus

Mengendarai SUV dari keluarga Nissan ini bisa dibilang menyenangkan. Selain bantingan suspensi yang lembut, perpindahan giginya pun halus karena menggunakan teknologi transmisi CVT. Kenyamanan penumpang pun semakin baik karena hadirnya cooler box untuk menaruh minuman kemasan agar tetap segar saat berpergian jauh.

Sayang model eksterior yang mengotak membuat X-Trail kurang terlihat dinamis dan membosankan. Meskipun seperti itu, SUV Nissan ini menawarkan kepraktisan tinggi. Hal itu bisa dilihat dari bagasi yang luas disertai ketersedian laci. Lain dari itu adalah tenaganya yang besar hingga 170 dk. 
 

3. Honda CR-V 2.0 

Tahun: 2006
Mesin: 1.998 dk 4 silinder, 150 dk
Harga: Rp 155 jutaan

+: Posisi duduk ergonomis, handling, kabin lapang
-: Sudah berganti model, bantingan suspensi keras

Honda CR-V waran sliver di jalan

Honda CR-V handling, kabin lapang

Selain memiliki model yang menarik, ia juga asyik dikendarai karena posisi duduknya yang ergonomis. Pengendaliannya pun terasa mumpuni meski ber-ground clearance tinggi. Layak dijadikan pertimbangan sebelum membeli. 

Untuk Honda CR-V generasi ini terdapat dua pilihan mesin yaitu 2.000 cc dan 2.400 cc. Tapi kami menyarankan Anda untuk memilih yang bermesin 2.000 cc sebagai pertimbangan konsumsi BBM yang lebih hemat. Sementara soal tenaga pun ia sudah cukup besar (150 dk).

Soal bantingan suspensi, CR-V kerap tercitra sebagai SUV yang keras dan itu benar. Namun positifnya, karakter seperti ini membuat pengendalian jadi lebih tajam dan menjadikannya asyik untuk diajak bermanuver cepat. 

4. Toyota Rush G A/T 

Tahun: 2011
Mesin: 1.495 cc 4 silinder, 109 dk
Harga: Rp 150 jutaan

+: Kabin lega, citra Toyota, populasi
-: Model biasa saja, tidak ada bangku baris ketiga

Toyota Rush warna putih di jalan

Rush merupakan kembaran dari Daihatsu Terios

Tidak lain  merupakan kembaran dari Daihatsu Terios secara eksterior. Hanya saja kabin SUV Toyota yang ini hanya mempunyai 2 baris kursi penumpang atau dapat diisi oleh 5 orang saja. Hal itu lah yang membuat ruang penumpang terasa lebih lega dan nyaman.

Sayang pengendalian Rush terasa limbung ketika menikung di kecepatan tinggi. Tapi jika tidak menjadi persoalan, citra Toyota yang lebih kuat bisa jadi pertimbangan menarik karena didukung oleh jaringan servis yang luas. Selain itu populasinya yang mudah dijumpai memudahkan untuk mencarinya di kondisi terbaik 

5. Nissan Juke RX 

Tahun: 2011
Mesin: 1.498 cc 4 silinder, 114 dk
Harga: Rp 150 jutaan

+: Perangkat hiburan bisa internet, mode berkendara konsumsi BBM
-: Model bukan kesukaan banyak orang, bantingan suspensi 

Tampilan Nissan Juke warna putih

Nissan Juke bertampilan beda dengan SUV lain

Berbicara tentang desain Nissan Juke memang bukan kesukaan banyak orang. Namun, di lain sisi SUV nyentrik ini bisa jadi pilihan menarik bagi beberapa orang yang ingin tampil beda. 
>>> Baca juga Apakah Nissan Indonesia Benar - Benar Bakal Berhenti Produksi Juke?

Kabin Juke tidak bisa dibilang lapang, baris keduanya terasa pas-pasan. Namun, soal kualitas berkendara mobil ini mempunyai pengendalian yang stabil.

Untuk kelengkapan fiturnya sendiri, paling menarik adalah di perangkat hiburannya yang sanggup terkoneksi dengan internet. Kemudian mode berkendara hemat juga ikut disertakan untuk menekan konsumsi BBM saat berada di kemacetan.
 

6. Chevrolet Captiva 

Tahun: 2007
Mesin: 2.405 cc 4 silinder, 144 dk
Harga: Rp 160 jutaan

+: Model menarik, interior mewah, 7-seater
-: Depresiasi harga, konsumsi BBM 

Bodi Chervolet Captiva warna hitam

Chevrolet Captiva ekterior cukup menarik

Chevrolet Captiva memiliki desain ekterior yang cukup menarik. Lekuk bodinya halus dan dinamis. Kemudian soal fitur pun termasuk lengkap. Contohnya seperti kontrol traksi, AC climate control, dan airbag ganda yang menjadi standar keselamatan berkendara. 

Mengendarai Captiva termasuk menyenangkan, tidak hanya didukung dengan bantingan suspensi yang empuk Anda juga akan dimanjakan oleh suasana interior yang mewah.

Kemudian adanya pelipatan bangku rata sampai baris kedua memudahkan Anda untuk menaruh barang bawaaan. Hanya saja SUV Amerika ini memiliki konsumsi BBM yang boros. 

>>> Baca juga berita SUV tercepat tahun 2017
>>> Baca juga berita tentang pasar mobil di Indonesia dan dunia 

 

 

 

 

 

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0