Petuah Elon Musk Untuk Rivian Agar Panjang Umur

16/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Startup kendaraan listrik Rivian mendapat petuah berharga dari bos Tesla Elon Musk agar perusahaannya dapat berumur panjang tanpa hambatan yang berarti.

Rencana Rivian mendirikan pabrik keduanya mendapat perhatian dari Elon Musk. Bos Tesla itu memberikan nasehat berharga soal manufaktur agar bisa berumur panjang dan tanpa hambatan berarti.

Menurut Musk, akan lebih baik jika Rivian memaksimalkan produksi di pabrik pertamanya. Tujuannya agar biaya produksi bisa lebih ditekan dan harga jual kendaraan lebih terjangkau.

“Saya akan merekomendasikan agar pabrik pertama mereka berfungsi,” kata Musk di akun Twitternya @elonmusk (12/8/2021) lalu. “Sangat sulit untuk mencapai volume produksi dengan biaya per unit yang terjangkau.” lanjutnya.

>>> Elon Musk Tegaskan Tesla Model S Hanya Tersedia Setir Model Pesawat

Pengalaman Tesla

Bukan tanpa alasan jika Musk memberikan masukan kepada Rivian, Tesla pernah mengalami sendiri hal buruk yang tak terlupakan. Tahun 2017 Tesla mengalami masalah besar karena permintaan yang sangat tinggi, sementara biaya produksi kendaraan juga sangat tinggi. Belum lagi beragam kritik dan tuntutan soal janji pekerjaan yang meningkat, pembengkakan biaya, penundaan konstruksi, kecurangan penawaran, dan yang lain.

Foto Pabrik mobil listrik Rivian

Rivian berencana mendirikan pabrik kedua

Di sisi lain mobil harus bisa dipasarkan dengan harga ‘wajar’ agar tetap terjangkau. Jadilah Tesla membakar banyak uang hingga nyaris bangkrut. Mau menggenjot produksi di China, Tesla baru mendapatkan izin pendirian pabrik di Shanghai pada Juli 2018 dan pembangunan dimulai Januari 2019.

Musk sampai menyebut sebagai ‘neraka’ alias saat paling menegangkan dalam hidupnya. Tesla perlahan mulai bangkit saat produksi bisa stabil menyesuaikan pesanan, ditambah ekspansi-nya ke daratan China berbuah manis.

Foto menunjukkan truk listrik Rivian R1T

Salah satu model line-up Rivian

Rivian mungkin tidak akan mengalami masalah keuangan seperti Tesla. Rivian punya dukungan finansial kuat dari perusahaan besar seperti Amazon dan Ford sehingga saran Musk mungkin sedikit diabaikan.

Meski demikian tak berarti bebas masalah. Saat ini saja Rivian harus menunda pengiriman mobil listrik pertamanya R1T karena terkendala kelangkaan chip semikonduktor. Belum lagi masalah lain seperti suku cadang yang masih jarang sebagaimana umumnya mobil baru.

>>> Proyek Mobil Listrik Ford Bareng Rivian Dibatalkan karena Virus Corona

Sedang Berseteru

Salah satu hal menarik dari saran Elon Musk adalah situasi saat ini. Elon Musk sedang dalam proses menggugat Rivian terkait rekrutmen karyawan. Sejumlah karyawan yang direkrut Rivian adalah mantan orang penting di Tesla.

Masalahnya kepindahan mereka juga membawa dokumen rahasia perusahaan. Setidaknya ada sepuluh dokumen penting berkaitan dengan keberlangsungan Tesla. Tak heran hal ini membuat perseteruan. Akankah Rivian mampu lawan Tesla? We'll see...

>>> Naik Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh? Begini Cara Menghemat Dayanya

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top