Pesanan Mitsubishi Xpander Melejit Akibat Diskon PPnBM

06/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Pesanan Mitsubishi Xpander Melejit Akibat Diskon PPnBM
Penjualan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross diklaim mengalami kenaikan hampir dua kali lipat akibat adanya kebijakan relaksasi pajak PPnBM dari pemerintah.

Diketuknya keputusan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berdampak juga terhadap harga jual Mitsubishi Xpander, membuat permintaan mobil ini melonjak tajam. Bahkan pemesanan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross meningkat hampir dua kali lipat.

Demikian diungkapkan Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Menurut dia, MMKSI selaku produsen dan distributor tunggal kendaraan penumpang serta komersial ringan dari Mitsubishi berterima kasih sekali atas adanya kebijakan ini dari pemerintah.

"Ini adalah keputusan pemerintah yang baik sekali, bukan cuma untuk mendukung industri tapi juga membantu konsumen untuk memiliki kendaraan dengan harga lebih terjangkau," kata Nakamura dalam video conference, Selasa (06/04/2021).

>>> Daftar Lengkap Penurunan Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Produksi Mitsubishi Xpander Digenjot untuk Penuhi Permintaan Domestik

Mitsubishi Xpander Cross

Xpander dan Xpander Cross makin diminati

Melonjaknya permintaan Mitsubishi Xpander pasca keputusan relaksasi pajak PPnBM diberlakukan ini, diamini juga oleh Irwan Kuncoro Director of Sales & Marketing Division MMKSI. Menurut dia, sebelum adanya kebijakan diskon pajak PPnBM, permintaan Xpander dan Xpander Cross per bulan sekitar 2.100 - 2.200 unit.

"Setelah ada relaksasi PPnBM jadi 4.500-an unit, ini naik dua kali lipat," jelas dia.

Namun ia juga menjelaskan, akibat permintaan yang sangat meningkat ini, maka demand menjadi lebih besar dibandingkan produksi. Untuk itulah MMKSI akhirnya menerapkan kebijakan untuk mendahulukan permintaan lokal dari setiap hasil produksi di pabrik Mitsubishi.

"Kami memaksimalkan produksi dengan memprioritaskan untuk kebutuhan pasar domestik dibanding ekspor, supaya antrian konsumen tidak terlalu panjang," kata dia.

>>> Harga Low MPV Bekas Ini Tak Goyang Meski Ada Diskon PPnBM

Mitsubishi Sedih Pajero Sport Tidak Dapat Diskon PPnBM

Jika untuk Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, MMKSI menuai keuntungan akibat adanya kebijakan diskon PPnBM, maka tidak demikian dengan Pajero Sport. Meskipun masuk kategori mobil yang juga dapat keringanan pajak PPnBM untuk mobil 2.500 cc, nyatanya Mitsubishi tidak dapat menikmati kebijakan itu.

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Kandungan lokal Pajero Sport tidak memenuhi syarat diskon PPnBM 2.500 cc

>>> Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Terbaik Di Kelasnya

Dihapusnya Mitsubishi Pajero Sport dari penerima relaksasi pajak PPnBM untuk mobil 2.500 cc akibat syarat kandungan lokal yang sudah ditetapkan belum terpenuhi.

"Kami kecewa tidak dapat program ini karena masalah kandungan lokal. MMKSI sudah berusaha meningkatkan kandungan lokal secara bertahap, tapi belum mencapai maksimal yang ditentukan," lanjut Nakamura.

Walau begitu ia menuturkan bagi konsumen yang ingin membeli Mitsubishi Pajero Sport dan berharap harganya bisa lebih murah, maka MMKSI menawarkan program penjualan khusus untuk SUV mereka ini.

"Kami mohon maaf Pajero Sport belum masuk ke program PPnBM ini. Sebagai gantinya ada sales program mulai April khusus untuk Pajero Sport," jelas Nakamura.

Program penjualan yang ditawarkan oleh MMKSI jelas dia antara lain berupa chashback, gratis kaca film, paket servis Smart Package, dan lainnya.

"Semua itu demi menawarkan konsumen Pajero Sport dengan value yang lebih menarik lagi," tukasnya.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top