Pertarungan Segmen Low MPV April 2018, Xpander Kembali Jadi Jawara

17/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Pertarungan Segmen Low MPV April 2018, Xpander Kembali Jadi Jawara
Wholesales segmen Low MPV untuk bulan April 2018 dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Jagoan merek Jepang berlogo tiga berlian, Mitsubishi Xpander kembali meraih posisi puncak mengalahkan model Low Multi Purpose Vehicle (LMV) lainnya milik kompetitor.

Penampilan penguasa baru segmen Low MPV, Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander kokoh menjadi penguasa baru segmen Low MPV di empat bulan pertama 2018

Ini adalah ketiga kalinya secara berturut-turut Xpander menduduki tahta puncak segmen Low MPV setelah sebelum-sebelumnya dikuasai secara absolut oleh Toyota Avanza. Pencapaian Xpander ini juga memaksa Avanza harus menerima jatah ribuan unit saja tidak seperti sebelum Xpander datang yang penjualannya selalu di kisaran puluhan ribu unit.

Secara total, penjualan mobil Mitsubishi Xpander dari Januari hingga April 2018 adalah 29.069 unit atau 31,03 pangsa pasar segmen Low MPV di Indonesia. Sementara Avanza menguntit di belakangnya dengan total penjualan mencapai 28.330 unit atau 30,24 persen pangsa pasar. 

Nampak jelas sekali pengaruh kehadiran Xpander di Indonesia terhadap penjualan Avanza, sebab di tahun 2017 lalu masih menguasai pasar segmen Low MPV hingga 50 persen. Market share tersebut belum tersentuh oleh Xpander yang memang wholesalesnya baru dimulai akhir tahun.

>>> Takut ketinggalan berita seputar mobil, tongkrongin terus cintamobil.com

Toyota Avanza 2017 warna silver jadi warna favorit

Hingga April 2018 Toyota Avanza belum bisa merebut kembali posisinya yang dikuasai Xpander sejak Februari 2018

Khusus di bulan April 2018, data penjualan mobil segmen Low MPV seperti dikutip dari Gaikindo adalah sebagai berikut:

  • Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 7.097 unit,
  • Toyota Avanza terjual sebanyak 6.917 unit,
  • Daihatsu Xenia terjual sebanyak 2.941 unit,
  • Honda Mobilio terjual sebanyak 2.796 unit,
  • Suzuki Ertiga terjual sebanyak 1.894 unit.
  • Wuling Confero S terjual sebanyak 782 unit,
  • Suzuki APV terjual sebanyak 497 unit
  • Daihatsu Luxio terjual sebanyak 432 unit.

Selain menggusur catatan apik penjualan Avanza bulan per bulan, Xpander juga sukses memaksa Avanza menerima kenyataan penjualannya dari bulan Januari hingga April 2018 mengalami penurunan cukup parah. Belum ada kabar bagaimana strategi Toyota mengangkat pamor Avanza untuk kembali seperti posisinya dulu.

>>> Xpander Rebut Gelar Mobil Terlaris Februari 2018 Dari Tangan Avanza

Gambar All New Ertiga di sebuah pameran otomotif

Meski punya andalan baru, All New Ertiga di segmen Low MPV, Suzuki tak terlalu bernafsu kejar Xpander dan Avanza karena gap yang cukup lebar

Jauh di belakang Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza, ada model Low MPV Suzuki Ertiga yang mencatatakan penjualan wholesales sebanyak 11.652 unit selama empat bulan pertama 2018).

Daihatsu Xenia berada di posisi keempat dengan penjualan sebanyak 11.558 unit dan Honda Mobilio di tempat kelima dengan catatan penjualan sebanyak 7.651 unit.

Itu adalah lima besar penjualan mobil segmen Low MPV untuk periode Januari hingga April 2018. Bila ditotal jumlahnya mencapai 93.690 unit.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top