Pertamina Operasikan 43 Outlet Pertashop di Kalimantan

04/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hingga akhir Februari 2021 sebanyak 43 outlet Pertashop sudah beroperasi di Kalimantan, memudahkan masyarakat dalam melakukan pengisian BBM jenis Pertamax.

Upaya memudahkan masyarakat dalam membeli bahan bakar terus dilakukan Pertamina. Terutama buat mereka yang berdomisili jauh dari jangkauan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Melalui program One Village One Outlet (OVOO) yang berlangsung sejak tahun lalu, Pertamina telah mengoperasikan sebanyak 1.371 outlet Pertashop di berbagai desa di Indonesia.

43 Outlet Pertashop di Kalimantan

Hingga akhir Februari 2021, jumlah Pertashop yang berdiri dan beroperasi di Kalimantan sudah mencapai 43 outlet. Rinciannya 13 outlet di Kalimantan Tengah, 10 outlet di Kalimantan Selatan, 12 outlet di Kalimantan Barat, dan 8 outlet di Kalimantan Timur.

Menurut Unit Manager Comm, Rel & CSR Region Kalimantan, Susanto August Satria, berdirinya puluhan outlet Pertashop tersebut sangat menguntungkan masyarakat yang jauh dari SPBU. Mereka bisa mendapatkan BBM berkualitas secara mudah, dan harganya sama dengan di SPBU.

“Tersedianya Pertashop di pedesaan, masyarakat akan semakin mudah memperoleh produk-produk berkualitas Pertamina dengan harga yang sama seperti di SPBU. Produk yang dijual di Pertashop antara lain bahan bakar yaitu Pertamax, Dexlite, elpiji bright gas, dan pelumas tergantung jenis fasilitas yang ada,"  tutur Susanto August Satria, Unit Manager Comm, Rel & CSR Region Kalimantan, dalam keterangan resminya di laman Pertamina, (1/3/2021).

>>> Daftar Lokasi 28 Pertashop di Kalimantan

Foto warga mengisi BBM di Pertashop

Sebanyak 43 outlet Pertashop sudah beroperasi di Kalimantan

Jika ada wilayah Kalimantan yang belum terjamah hanyalah satu, yaitu Kalimantan Utara. Namun rencananya di bulan Maret ini bakal ada 1 outlet berdiri dan beroperasi.

“Untuk di daerah Kalimantan Utara saat ini masih belum ada Pertashop yang telah beroperasi, namun diestimasikan pada bulan Maret ini akan beroperasi satu titik di wilayah Tarakan.” Tambah Satria.

Keuntungan lain, outlet Pertashop secara tidak langsung bakal meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat. Dari yang sebelumnya butuh biaya besar untuk mendapatkan BBM, kini bisa dihemat dan dialokasikan ke kebutuhan penting yang lain.

Pertashop

Outlet Pertashop menjadi cara efektif Pertamina dalam memasyarakatkan BBM jenis Pertamax. BBM ini lebih berkualitas dibanding Pertalite maupun Premium, sekaligus lebih ramah untuk lingkungan. Dalam pendiriannya, Pertamina menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun pihak swasta yang ingin bermitra.

Pertamina menawarkan 3 pola kerjasama atau 3 paket investasi, yaitu Gold (210 m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter), Platinum (300 m² kapasitas tangki 10 KL), dan Diamond (500 m² kapasitas tangki 10 KL).

Sedangkan persyaratannya hanya dua (2) kriteria, Kriteria Administrasi Persyaratan dan Kriteria Lokasi. Jika semuanya terpenuhi, seluruh operasional Pertashop juga akan dipastikan memenuhi seluruh aspek HSSE (Health, Safety, Security & Environment) atau standar kesehatan, keselamatan, keamanan dan ramah lingkungan hidup.

>>> Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

Foto Harga BBM Pertamax di SPBU

Harga Pertamax di Pertashop sama dengan di SPBU

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top