Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar
Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Hari ini, Senin (23/12/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi)secara resmi meluncurkan bahan bakar Biodiesel 30 persen (B30). Jenis bahan bakar baru ini akan dijual melalui jaringan retail SPBU milik Pertamina.

>>> Astra Peugeot Hadirkan Promo Service Peugeot Khusus Libur Nataru 2020

Menurut Presiden, program B30 telah diuji coba sejak beberapa bulan belakangan ini. Dan kini sudah resmi diluncurkan. Langkah ini bisa sukses lantaran Indonesia merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

"Ingat kita penghasil sawit tersebar di dunia. Kita punya sumber bahan nabati sebagai pengganti Solar. Kita manfaatkan untuk kemandirian energi nasional," kata Presiden Jokowi. Ia juga menambahkan, kehadiran BBM dengan bahan utama minyak sawit maka akan menambah pendapatan petani kelapa sawit.

Mulai Tersedia di Seluruh Indonesia 1 Januari 2020

Presiden Joko Widodo meresmikan B30

Presiden Jokowi meresmikan hadirnya bahan bakar Biodiesel B30

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Sementara itu Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina menyebut kalau saat ini jaringan SPBU Pertamina sudah tidal lagi menjual B0 alias Solar murni. Yang tersedia hanya Biodiesel B20 dan Biodiesel B30.

"Saat ini untuk B30 masih uji coba, nanti di 1 Januari 2020 kita sudah jual besar-besaran. Tapi sejak November lalu memang sudah kita distribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Jadi ketika Januari, diharapkan semua SPBU sudah siap jual B30," katanya.

Harga Lebih Murah dari Solar Murni

Jokowi menyaksikan pengisian bahan bakar B30

B30 mulai tersedia serentak di seluruh SPBU Pertamia pada 1 Januari 2020

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Nicke juga menambahkan, sejak bulan lalu, Pertamina telah mendistribuikan ke 28 TBBM sebagai titik simpul pencampuran B30. Antara lain TBBM Medan Sumatera Utara, Kilang Plaju Sumatera Selatan, TBBM Panjang Lampung, TBBM Plumpang DKI Jakarta, TBBM Balikpapan Kalimantan Timur, TBBM Rewulu Yogjakarta, TBBM Boyolali Jawa Tengah, Kilang Kasim Papua.

Perihal harga, Dadan Kusdiana Kepala Badan Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut jika Biodiesel B30 ini tidak akan lebih mahal dari solar biasa. "Harga akan naik turun sama seperti harga solar, tapi tidak akan lebih mahal dari solar," katanya.

Dadan mengatakan harga B30 sudah diatur oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Nantinya harga bahan bakar jenis baru ini akan bergantung pada komoditas kelapa sawit di pasar internasional. Meski begitu ia memastikan kalau harga B30 akan lebih stabil dibanding harga solar murni.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Presiden Jokowi Naikkan Target Pengunaan Biodiesel Dari B20 Ke B50 Di Akhir 2020, Siapkah Kita?

13/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah sebelumnya menghebohkan dengan rencana aplikasi Biodiesel B20 yang targetnya akan terlaksana akhir 2020, kabar mengejutkan adalah mengenai naiknya terget tersebut menjadi B50 atau kandungannya naik 30 poin metil mester dari target sebelumnya. Pertanyaannya siapkah kita?

Lihat juga

Biodiesel B20 Sekalipun Tak Recommended Buat Mercedes-Benz Diesel

11/10/2018

Pasar mobil

Satu alasan kuat Mercedes-Benz Indonesia meluncurkan The New V 260 adalah soal bahan bakar. Varian V-Class yang sudah dipasarkan di Indonesia yaitu V 200 dan V 220 dibekali mesin berbahan bakar diesel. Sementara The New V 260 dibekali mesin berbahan bakar bensin. Mengapa perbedaan ini diperhitungkan?

Lihat juga

Susul PLN dan Pertamina, BPPT Bakal Memperbanyak Fasilitas Charging Station

06/09/2019

Pasar mobil

3 menit

PLN dan Pertamina sudah menyatakan dukungannya terhadap program percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Kini giliran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menyatakan akan memperbanyak fasilitas charging station di beberapa kota.

Lihat juga

Review Audi S6 2019: Diesel Pada Sedan, Tak Begitu Buruk Adanya

02/06/2019

Editor rate:

Sedan yang menonjolkan performa mesin diesel, mungkin Audi S6 adalah salah satu kandidat terbaik. Di Eropa mobil satu ini memang terbilang sangat populer, apalagi pasca perilisan tiga model barunya yakni Audi S6, A6 dan A7. Untuk pertama kalinya, Audi menggabungkan mesin V6 TDI dengan kompresor elektrik dan sistem elektrik 48 Volt. Inilah review Audi S6 2019.

Lihat juga

Harga mobil Hilux: Daftar Harga Toyota Hilux & Promo Terbaru 2020

01/10/2020

Toyota

Mulai tahun 1968, Toyota Hilux menjadi salah satu model yang terus diberikan pembaruan menarik hingga mencapai generasi kedelapan pada tahun 2015 lalu. Baru-baru ini juga ditawarkan performa mesin baru yakni 2GD-TV untuk varian Single Cabin. Berikut daftar harga Toyota Hilux terbaru.

Lihat juga
 
back to top