Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar
Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Hari ini, Senin (23/12/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi)secara resmi meluncurkan bahan bakar Biodiesel 30 persen (B30). Jenis bahan bakar baru ini akan dijual melalui jaringan retail SPBU milik Pertamina.

>>> Astra Peugeot Hadirkan Promo Service Peugeot Khusus Libur Nataru 2020

Menurut Presiden, program B30 telah diuji coba sejak beberapa bulan belakangan ini. Dan kini sudah resmi diluncurkan. Langkah ini bisa sukses lantaran Indonesia merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

"Ingat kita penghasil sawit tersebar di dunia. Kita punya sumber bahan nabati sebagai pengganti Solar. Kita manfaatkan untuk kemandirian energi nasional," kata Presiden Jokowi. Ia juga menambahkan, kehadiran BBM dengan bahan utama minyak sawit maka akan menambah pendapatan petani kelapa sawit.

Mulai Tersedia di Seluruh Indonesia 1 Januari 2020

Presiden Joko Widodo meresmikan B30

Presiden Jokowi meresmikan hadirnya bahan bakar Biodiesel B30

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Sementara itu Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina menyebut kalau saat ini jaringan SPBU Pertamina sudah tidal lagi menjual B0 alias Solar murni. Yang tersedia hanya Biodiesel B20 dan Biodiesel B30.

"Saat ini untuk B30 masih uji coba, nanti di 1 Januari 2020 kita sudah jual besar-besaran. Tapi sejak November lalu memang sudah kita distribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Jadi ketika Januari, diharapkan semua SPBU sudah siap jual B30," katanya.

Harga Lebih Murah dari Solar Murni

Jokowi menyaksikan pengisian bahan bakar B30

B30 mulai tersedia serentak di seluruh SPBU Pertamia pada 1 Januari 2020

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Nicke juga menambahkan, sejak bulan lalu, Pertamina telah mendistribuikan ke 28 TBBM sebagai titik simpul pencampuran B30. Antara lain TBBM Medan Sumatera Utara, Kilang Plaju Sumatera Selatan, TBBM Panjang Lampung, TBBM Plumpang DKI Jakarta, TBBM Balikpapan Kalimantan Timur, TBBM Rewulu Yogjakarta, TBBM Boyolali Jawa Tengah, Kilang Kasim Papua.

Perihal harga, Dadan Kusdiana Kepala Badan Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut jika Biodiesel B30 ini tidak akan lebih mahal dari solar biasa. "Harga akan naik turun sama seperti harga solar, tapi tidak akan lebih mahal dari solar," katanya.

Dadan mengatakan harga B30 sudah diatur oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Nantinya harga bahan bakar jenis baru ini akan bergantung pada komoditas kelapa sawit di pasar internasional. Meski begitu ia memastikan kalau harga B30 akan lebih stabil dibanding harga solar murni.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top